Tips Mengembalikan Kekencangan Payudara Setelah Melahirkan Dan Menyusui

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh kita akan mengalami perubahan postur. Bahkan ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa tinggi badan manusia ternyata akan menyusut ketika usianya semakin menua. Belum ada pembuktian yang pasti mengenai hal ini, sebab hal ini terjadi pada beberapa orang namun bisa juga terjadi pada orang yang lain. Satu hal yang pasti, kalsium dalam tubuh memang akan menyusut ketika usia manusia semakin bertambah, terutama bagi perempuan. Sebab kalsium dalam tubuh perempuan lebih banyak terpakai selama masa hidupnya, yaitu pada saat mengalami menstruasi. Hamil, melahirkan, dan menyusui.

Bagaimana dengan payudara? Salah satu bagian tubuh milik perempuan ini memang bisa dianggap sebagai karunia. Selain mengisyaratkan keindahan, payudara juga merupakan lumbung tempat tersimpannya komponen penting pertumbuhan masa hidup manusia, yakni ASI.

Setiap perempuan pasti bahagia ketika dapat memberikan waktu berharga mereka untuk memberikan ASI bagi buah hati. Namun, ada kalanya kegalauan melanda ketika menyadari ternyata terjadi perubahan bentuk payudara setelah melahirkan dan menyusui. Payudara yang tadinya kencang dan indah, menjadi kendur dan agak menurun. Hal ini disebabkan oleh gravitasi dan pengaruh hormonal. Secara kesehatan memang tidak ada bahaya pengaruh dari perubahan bentuk payudara ini. Namun, secara visual, banyak perempuan yang mengaku mengalami penurunan kepercayaan diri karena penampilannya dirasa tidak semenarik dulu ketika belum hamil dan menyusui.

Nah, adakah solusi dari permasalahan ini?

Tentu ada dong, ladies!

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan kekencangan dan bentuk payudara anda menjadi indah seperti semula.

Yang pertama adalah OLAHRAGA.

Latihan otot yang difokuskan pada otot-otot dada dipercaya dan terbukti mampu membantu mengembalikan kekencangan payudara. Anda bisa bergabung bersama klub fitness atau senam, atau jika anda lebih memilih untuk melakukannya dirumah, anda bisa berlatih secara sederhana seperti melakukan push-up, peregangan dengan cara mengatupkan kedua lengan ke depan, atau melakukan latihan dengan barbell ringan (1-2kg) dengan memfokuskan pada otot-otot sekitar dada. Caranya rentangkan kedua lengan dan pegang barbell dengan berat yang sama. Ayunkan pelan-pelan lengan anda ke bagaian depan, kembali merentang, dan seterusnya. Jika teknik pernapasan dan latihan anda benar, anda akan merasakan sedikit sensasi pegal pada otot lengan dalam dan pada bagian payudara. Jika itu terjadi, maka teknik latihan anda sudah benar. Lanjutkan latihan anda secara rutin dan dianjurkan setiap hari minimal 30 menit per waktu latihan.

Yang kedua, BIASAKAN TIDUR DENGAN POSISI TELENTANG

Tidur dengan posisi telentang akan membuat payudara anda tetap pada tempatnya dan tidar bergerak turun. Akan lebih bagus lagi jika pada saat tidur telentang anda mengangkat kedua tangan ke atas agar otot-otot payudara anda tertarik. Tidur pada posisi telentang juga akan membuat peredaran darah lancar dan menjaga kekencangan sekitar wajah dan leher anda.

Ketiga, LAKUKAN PEMIJATAN RINGAN DI AREA PAYUDARA

Luangkan waktu anda untuk melakukan pemijatan ringan di area payudara. Penggunaan minyak pijat dapat dilakukan pada terapi ini. Akan lebih bagus lagi jika anda mencoba menggunakan minyak bulus yang dipercaya sejak jaman nenek moyang dapat mengembalikan kekenyalan dan kekencangan payudara. Caranya oleskan minyak bulus secara merata pada seluruh bagian payudara. Mulailah pijatan secara bersamaan pada payudara kanan dan kiri, dimulai dari bagian ‘lembah’ diantara dua payudara. Lakukan pemijatan dengan arah melingkar. Lakukan pemijatan ini minimal satu minggu sekali. Akan lebih baik jika pada masa awal dilakukan dengan frekuensi lebih sering.

Gimana ladies? Siap bertemu kembali dengan tubuh dan payudara indahmu dulu?


Tags: , , , , , , , ,