Tips Perawatan Rambut untuk Mencegah Rambut Bercabang

Rambut Bercabang

Rambut dikatakan bercabang jika bagian ujung helai rambut terbagi menjadi dua helai atau lebih. Ketika ini terjadi, tidak ada yang dapat dilakukan untuk memperbaiki rambut selain memotong ujung yang rusak. Semakin parah split/cabang yang terjadi, semakin banyak batang atau ujung rambut yang harus dipotong. Namun, rambut bercabang bisa dihindari dengan merawat rambut dengan benar, mulai dari cara menyisir rambut, mencuci rambut hingga mengenakan aksesoris rambut. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan:

  • Menyikat dan membentuk rambut Terlalu sering menyikat rambut atau salah menggunakan jenis sikat atau sisir dapat mengakibatkan ujung rambut yang bercabang. Rambut harus disikat sesedikit mungkin dalam menata rambut. Rambut yang perlu disikat sering hingga membutuhkan waktu lama karena kusut adalah rambut yang berada dalam kondisi rusak sehingga pengobatan dengan pemberian pelembab rambut/conditioner akan jauh lebih efektif ketimbang ¬†terus-menerus menyikatnya. Jangan menyikat rambut ketika dalam keadaan sangat basah seperti sesaat setelah keramas. Tunggu rambut hingga kering secara alami, setidaknya 80 persen kering baru dapat disisir dan ditata sesuai gaya yang diinginkan.
  • Keramas dan memberi kondisioner Produk shampo pembersih intensif memang bermanfaat jika Anda menggunakan banyak produk untuk menata rambut. Namun, mencuci rambut terlalu sering dapat menghilangkan kelembaban rambut sehingga menjadikannya kering. Hindari menggunakan produk seperti ini lebih dari sekali seminggu. Bahkan keramas secara normal dapat merusak rambut jika dilakukan terlalu sering. Banyak penata rambut menyarankan agar rambut perlu dicuci setiap dua hari sekali agar tetap dalam kondisi baik. Gunakan kondisioner yang layak setiap kali Anda mencuci rambut untuk mencegah kekeringan dan kerusakan yang berujung pada rambut bercabang.
  • Aksesoris rambut Aksesoris rambut yang salah bisa menyebabkan rambut menjadi sangat rusak. Pin dan jepit rambut harus memiliki ujung karet untuk mencegah menyangkut pada rambut dan merobek batang rambut, begitu pula dengan head band. Rambut tidak boleh diikat dengan karet gelang dan juga hindari ikat rambut berupa metal karena dapat mengoyak batang rambut. Rambut juga tidak boleh diikat setiap hari karena hal ini dapat melemahkan rambut dan mendorong rambut bercabang. Sebaliknya, rambut dibiarkan terurai alami sementara waktu luang atau diikat kembali dengan ringan menggunakan ikat rambut yang lembut untuk tetap melindungi rambut.

Tags: , ,