Tips Mengontrol Kulit Berminyak dengan Vitamin A

Masker Wajah Buah

Kulit berminyak bisa jadi sulit untuk diatasi. Jenis kulit ini rentan terhadap noda dan jerawat. Namun, mengolesi wajah Anda terlalu sering dengan pengering krim jerawat dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada manfaatnya. Kontrol kulit berminyak Anda dengan vitamin A untuk mengatur ekskresi sebum selain itu juga untuk mengunci kelembaban ke kulit Anda. Tomat segar adalah sumber vitamin A dan dapat digunakan sebagai masker wajah penghilang minyak di rumah.

Berikut langkah-langkat pembuatan masker wajah dari buah tomat:

  1. Panaskan 1 liter air dalam panci hingga mendidih. Tunggu sebentar hingga suhunya turun. Masukkan tomat sesuai jumlah yang diinginkan dengan hati-hati ke dalam panci untuk mengendurkan kulit tomat. Diamkan dalam air panas selama 10 menit lalu angkat dan keringkan dengan menggunakan saringan.
  2. Letakkan tomat dalam baki berisi air dingin agar cepat dingin selama satu menit. Kupas kulitnya dengan jari-jari Anda. Potong tomat menjadi dua lalu buang bijinya. Masukkan ke dalam blender.
  3. Tuang jus tomat ke dalam mangkuk kecil. Tambahkan 1/4 sdt jus lemon dan 1 sdt madu.
  4. Gunakan kuas makeup kecil untuk mengoleskan lapisan tipis masker ke wajah dan area leher. Biarkan masker mengering selama 20 menit. Bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih.
  5. Simpan sisa masker yang tidak terpakai ke dalam kulkas maksimal selama satu minggu. Ulangi penggunaan masker setiap tiga hingga empat hari sekali untuk mengontrol produksi minyak di wajah.
 
Tags: ,