Tips Mengobati Luka Bakar Tahap Awal

Luka Bakar Ringan

Luka Bakar Tahap Awal adalah hasil dari terlalu lama menghabiskan waktu di bawah sinar matahari atau warna merah pada kulit dengan sensari terbakar ketika Anda memanaskan air atau karena uap panas. Berikut beberapa tips agar membuat rasa terbakar jauh lebih baik:

  1. Siram anggota tubuh yang terasa terbakar dengan air dingin secepatnya. Biarkan air dingin mengalir pada daerah tersebut tidak kurang dari 5 menit. Anda perlu untuk mendinginkannya secepat yang Anda bisa sehingga rasa terbakar dapat langsung berhenti.
  2. Ambil beberapa pil ibuprofen (obat anti inflamasi dengan kelarutan dalam air yang rendah tetapi memiliki permeabilitas yang baik di dalam saluran pencernaan) untuk meringankan rasa sakit dan pembengkakan. Perlu diketahui bahwa jika luka bakar sangat kecil lewati tahap ini. Lanjutkan dengan langkah ini hanya jika terdapat sejumlah besar kulit yang merah terbakar.
  3. Gosok lembut kulit dengan vaseline petroleum jelly pada area yang terbakar. Jangan menggosok terlalu sering karena dapat mengiritasi kulit yang terbakar. Tujuan mengoleskan petroleum jelly pada kulit adalah untuk memberi kelembaban yang telah hilang saat kulit terbakar.
  4. Bungkus area yang terbakar dengan kain kasa ringan dan perban dengan longgar. Jangan membalut terlalu kencang sampai-sampai Anda tidak bisa menggerakkan anggota tubuh Anda secara normal. Balut dengan kain kasa dalam satu layer saja untuk mencegah bakteri masuk ke dalam luka karena luka bakar sangat rentan dan dapat terinfeksi lebih mudah dibanding kulit lainnya.

Tags: ,