Tips Mengobati Infeksi Gigitan Nyamuk

Gigitan Nyamuk

Saat cuaca panas dan lembab, telur-telur nyamuk akan menetas. Nyamuk betina membutuhkan darah untuk bertahan hidup dan bertelur, dan biasanya manusia adalah objeknya. Nyamuk membawa bibit penyakit dalam darah seperti demam berdarah, demam kuning, malaria, ensefalitis dan virus West Nile, sehingga obat nyamuk/penolak nyamuk harus disemprotkan pada kulit yang terbuka. Seringkali gigitan nyamuk bisa menjadi mengganggu sehingga kita menggaruknya, atau tanpa sadar menggaruknya saat tidur hingga terinfeksi. Gigitan nyamuk yang mengalami infeksi perlu segera diobati.

Langkah mengobati infeksi gigitan nyamuk:

  1.  Cuci area gigitan nyamuk yang berwarna merah, kadang terdapat air di tengahnya, dengan hati-hati menggunakan sabun, lalu bilas dengan air dan keringkan dengan handuk kering bersih. Meskipun Anda memiliki keinginan kuat untuk menggaruk kulit bekas gigitan nyamuk, sebisa mungkin jangan menggaruknya dengan kuku karena merupakan sarang bakteri dan dapat menyebabkan infeksi sekunder.
  2. Oleskan tipis obat salep antibiotik sebanyak tiga lapis ke tempat gigitan nyamuk yang terinfeksi dan tutup dengan plester untuk mencegah menggaruk daerah kulit yang gatal.
  3. Minumlah anti inflamasi untuk mengurangi gatal, kemerahan terutama pada malam hari ketika orang biasanya menggaruk bekas gigitan nyamuk tanpa sadar. Beri obat salep infeksi jika infeksi sudah terlanjur meradang, untuk menyembuhkan gatal dan mengurangi peradangan.

Tags: