Tips Menghilangkan Komedo Membandel

large-pores

Komedo adalah kotoran penyumbat pori-pori yang berbentuk kecil, berwarna kehitaman dan kadang berwarna putih kacang. Komedo yang menempel di wajah akan terlihat kusam dan kotor serta tidak menarik. Penyebab munculnya komedo adalah akibat terjadinya penumpukan minyak yang berlebih, dan terjadinya penumpukan sel kulit mati. Orang mengenal dua istilah komedo yakni komedo blackhead dan whitehead.

  • Komedo blackhead disebut juga komedo yang terbuka dimana jenis komedo ini terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang berwarna hitam itu sebenarnya bukan kotoran tetapi karena terjadi penyumbatan pori-pori maka komedo tersebut berubah hitam karena karena teroksidasi dengan udara.
  • Jenis komedo whitehead atau komedo tertutup memiliki kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit.

Penyebab Komedo Penyebab komedo yaitu sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Timbulnya komedo makin diperparah apabila Anda sering menggunakan pelembab, make up, terpapar udara panas dan dan lembab.

Usir komedo dengan 8 langkah alami:

  1. Cuci muka dengan campuran air garam (tambahkan satu sendok makan garam pada satu baskom air hangat). Garam akan membantu mengurangi minyak yang berlebih dan menghilangkan komedo.
  2. Ambil sedikit pasta gigi, usapkan pada bagian yang berkomedo. Cara ini membantu mengurangi peradangan akibat komedo dan mengurangi kadar minyak berlebih.
  3. Peras jeruk atau lemon, usapkan air perasaan pada daerah komedo, biarkan hingga semalam. Asam dari lemon membantu mengurangi minyak di kulit.
  4. Campurkan kulit dasar jeruk dengan air secukupnya, aplikasikan pada daerah yang terinfeksi dan biarkan selama semalam.
  5. Oleskan lidah buaya pada bagian wajah yang berkomedo (bisa dengan cara membuat jus atau mengoleskannya langsung). Lidah buaya bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan kulit yang mengalami peradangan akibat komedo menjadi lebih cepat.
  6. Gosok daerah berkomedo dengan es batu selama 10 menit, untuk membantu mengencangkan dan menutup pori-pori serta mencegah debu dan minyak menempel di kulit yang menjadi penyebab terjadinya komedo.
  7. Campurkan satu putih telur dengan satu sendok makan madu dalam mangkuk hingga rata. Usapkan campuran pada wajah dan biarkan selama 30 menit, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan dan mencegah komedo.
  8. Campurkan lobak dengan air. Usapkan campuran pada wajah, diamkan selama 30 menit, bilas. Lakukan secara rutin seminggu sekali.