Tips Menggunakan Minyak Kelapa untuk Mencegah Rambut Rontok

Minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa dapat membantu mencegah rambut rontok dalam dua cara, yakni: mengurangi hilangnya protein dari rambut, yang akhirnya dapat menyebabkan rambut menipis, dan memberi nutrisi menembus kulit kepala dan batang rambut. Penyerapan minyak kelapa juga membantu menjaga rambut dari kebotakan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan tahun 2001 oleh Majalah Pengetahuan Kosmetik menyebutkan bahwa penggunaan minyak kelapa pada rambut - sebelum maupun setelah keramas - dapat menjadi cara yang efektif untuk mencegah rambut rontok. Anda dapat melakukan perawatan rambut rontok sehari-hari di rumah, sangat mudah karena Anda hanya perlu menyiapkan minyak kelapa dan sisir saja.

Berikut langkah penggunaan minyak kelapa ke rambut:

  1. Belah/bagi rambut Anda dengan sisir dari depan ke belakang dari kulit kepala.
  2. Ambil beberapa tetes minyak kelapa dan oleskan pada kulit kepala, di sepanjang bagian. Ulangi proses dengan membelah rambut dengan jarak setiap 2 cm dan oleskan minyak kelapa sampai merata ke seluruh kulit kepala Anda.
  3. Pijat-pijatkan minyak kelapa ke kulit kepala Anda dengan jari-jari Anda. Lakukan selama 5-10 menit, untuk memastikan minyak benar-benar teroleskan secara merata di atas seluruh permukaan kulit kepala. Selagi Anda memijat kulit kepala, minyak juga akan mulai meresap ke batang rambut untuk melapisi batang rambut yang terletak 2-5 cm dari kulit kepala.
  4. Oleskan minyak untuk setiap bagian dari rambut yang belum dilapisi oleh minyak. Pastikan untuk melapisi rambut hingga ke ujung rambut. Jika Anda memiliki rambut panjang, tuang minyak kelapa secukupnya di kedua telapak tangan dan oleskan secara merata sepanjang batang rambut hingga ke ujung rambut, ulangi proses hingga seluruh rambut sudah tertutupi minyak.
  5. Diamkan hingga meresap atau gunakan plastik penutup rambut agar mencegah minyak mengotori sekeliling Anda. Bilas dengan shampoo hingga bersih.
Baca Juga : 3 Obat Pemutih Badan Yang Aman Dan Ampuh

Jika minyak kelapa membuat rambut Anda sangat berminyak, diamkan selama 30 menit hingga satu jam sebelum keramas. Anda juga bisa memijat kulit kepala di malam hari dan mencucinya di keesokan paginya. Jika Anda masih meninggalkan minyak di rambut Anda setelah mencuci rambut, hal tersebut juga diperbolehkan karena minyak akan mengurangi kehilangan protein pasca keramas. Selamat mencoba!

Untuk hasil lebih cepat dan maksimal, anda bisa menggunakan produk kainomoto, konsultasi tentang masalah rambut rontok dilahkan menghubungi kami.


Tags: ,