Tips Mengetahui Rambut Rusak

Rambut Kering atau Rusak

Kerusakan rambut dapat disebabkan oleh berbagai perawatan, prosedur, dan produk rambut. Penggunaan pengering rambut yang terlalu sering, pelurus rambut, paparan sinar matahari dan angin dapat merusak rambut. Rambut juga dapat rusak oleh perawatan kimia, seperti pewarna rambut dan pengeriting rambut.

Rambut rusak dapat diobati dengan menggunakan conditioner secara teratur, menghindari paparan sinar matahari berlebih serta perawatan kimia yang berlebihan, dan menggunakan cuti-in conditioner perawatan seminggu sekali. Rambut rusak dapat dikenali dengan beberapa tanda-tanda:

  1. Rasakan tingkat kekasaran rambut. Rambut yang kasar tidak terlihat berkilau (kusam) dan tidak lembut ketika diraba.
  2. Rasakan rambut untuk kekeringan dan kerapuhannya. Rambut bisa terpecah (bercabang) atau patah dengan mudah dan sulit untuk ditata bahkan untuk disisir.
  3. Perhatikan seberapa lama pewarna rambut anda bertahan. Jika Anda mewarnai rambut Anda dan terlihat memudar dengan cepat, bisa jadi disebabkan karena rambut Anda terlalu kering dan rusak untuk dapat menyerap warna dengan baik.
  4. Basahi rambut Anda dan perhatikan bagaimana reaksinya. Jika rambut menjadi kusut atau bersimpul merupakan pertanda rambut rusak.
  5. Lihat rontokan rambut yang tertinggal di sikat rambut Anda. Jika terda pat banyak rambut tertinggal setelah Anda menyisirnya, hal itu berarti rambut Anda patah/rontok dengan mudah. Kekuatan rambut mungkin lemah akibat mengalami kerusakan.
  6. Kenali jenis kerusakan rambut yang Anda alami. Jika perlu konsultasikan dengan teman atau mencari informasi dari media lain. Pengobatan yang sesuai dengan jenis kerusakan sangat penting untuk mempercepat perbaikan rambut langsung dengan mengatasi penyebab utamanya.

Tags: ,