Tips Mendapatkan Rambut Hitam Alami

Rambut-Sehat-Alami

Rambut Hitam memang selalu menarik untuk di perbincangkan, karena bagi sebagian besar terutama masyarakat indonesia, rambut hitam merupakan salah satu bentuk ciri khas tersendiri bagi warga nya. Namun bagi orang-orang yang telah lanjut usia, berambut putih atau beruban itu wajar. Namun bagi mereka yang masih muda, rambut beruban adalah masalah. Saat ini ada banyak sekali produk kesehatan yang disebut memiliki kandungan gizi yang dapat memperbaiki sel-sel rambut, membuatnya subur dan ditumbuhi rambut yang berwarna hitam. Namun beberapa dari anda mungkin memilih untuk mewarnai rambut anda.

Justru pewarnaan yang keliru akan merusak kilau rambut hitam anda. Tentu saja cara tersebut bisa dan umumnya instan, sayangnya harganya mahal sehingga tidak bisa digunakan oleh semua kalangan. Untuk mengembalikan warna hitam rambut anda tentu memerlukan proses.

Bila anda ingin instan dan cepat, anda dapat mewarnai rambut anda dengan pewarna rambut warna hitam. Namun hal ini tentu berdampak tidak baik bagi kesehatan rambut anda. Justru rambut anda akan semakin rusak dengan gejala rambut bercabang, patah, kusam dan kering. Cara menghitamkan rambut secara alami dengan bahan alam kini makin banyak diminati.

  • Kemiri : Kemiri telah dikenal sejak lama agar rambut anda dapat hitam berkilau. Kemiri mudah anda peroleh. Anda dapat membeli minyak kemiri yang banyak dijual di pasaran. Namun bila anda meragukan keasliannya, anda dapat membuat minyak kemiri sendiri. Cara menghitamkan rambut dengan membuat minyak kemiri cukup mudah. Caranya, tumbuk 400 gram kemiri kemudian rebus bersama segelas air. Saring untuk memisahkan ampas dengan airnya. Biarkan airnya dingin dan menjadi kental. Kemudian usapkan pada rambut anda secara rutin.
  • Lidah buaya : Selain dikenal untuk luka bakar, menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe, lidah buaya juga dapat anda gunakan untuk menghitamkan rambut anda. Cara menghitamkan rambut anda dengan lidah buaya yaitu potong lidah buaya kemudian usapkan lendir pada kulit kepala anda. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan rutin minimal dua hari sekali.
  • Biji pepaya : Pernahkah anda berpikir jika bubuk biji pepaya, merupakan cara menghitamkan rambut anda kembali? Kandungan glikosida karikin dan karpain dapat mengembalikan lapisan rambut anda. Caranya keringkan biji pepaya, sangrai. Kemudian tumbuk hingga halus menjadi serbuk dan sangrailah kembali. Cara penggunaannya yaitu campurkan dengan sedikit air, kemudian oleskan pada pada kulit kepala dan diamkan 10-20 menit. Bilaslah hingga bersih. Selain dapat membuat rambut hitam, biji pepaya juga dapat menghitamkan rambut yang beruban.

Selain cara menghitamkan kembali rambut anda seperti di atas, anda juga perlu merawat rambut hitam anda agar tidak kusam dan tetap berkilau. Caranya sebagai berikut.

  1. Pakai sampo khusus penghitam rambut : Ini juga dapat menjadi cara menghitamkan rambut yang harus anda coba selain cara di atas. Gunakanlah sampo yang khusus untuk mengembalikan warna hitam rambut anda. Kandungan sampo tersebut bekerja khusus untuk mengembalikan pigmen hitam pada rambut anda.
  2. Berikan serum rambut : Serum juga berguna untuk mengembalikan kilau rambut anda. Bila rambut hitam anda terlihat kusam dan tidak berkilau, anda dapat menggunakan serum rambut yang mengandung protein. Usapkan serum 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Cara menghitamkan rambut sebenarnya cukup mudah, murah dan sederhana. Hanya saja anda perlu telaten dan rajin untuk melakukannya karena bahan alam yang digunakan tidak menghasilkan efek instan.