Tips Mencuci Rambut Menggunakan Air Panas

Cuci Rambut

  • Gunakan air panas untuk pembersihan rambut secara maksimal. Gunakan air panas, dengan temperatur sepanas mungkin yang nyaman di kepala, akan membuka pori-pori dan memecah minyak di dekat kulit kepala. Semakin hangat air yang digunakan, semakin banyak minyak yang pecah dan terbawa arus dengan bilasan air. Jika rambut pada bagian batang, akar atau ujung rambut memperoleh perawatan tambahan terlebih perawatan dengan kandungan minyak seperti minyak rambut, maka mencuci rambut dengan air panas adalah pilihan terbaik untuk pembersihan rambut secara menyeluruh.
  • Terlalu banyak air panas dapat mengakibatkan kerusakan atau bahaya bagi rambut.  Menggunakan air panas secara teratur pada umumnya tidak dianjurkan. Jika terlalu banyak minyak alami rambut adalah hilang, maka kulit kepala akan menjadi kering. Selain itu, terlalu banyak panas, baik dari air panas, alat pengeriting/curly maupun pengering rambut, pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada tiap helai rambut. Rambut menjadi rapuh dan ujung rambut bercabang/split. Hal ini memerlukan perhatian ekstra bagi mereka yang memiliki rambut panjang, yang tidak sering dipangkas.
  • Dasar Pencucian Rambut. Keramas yang ideal adalah dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku. Sama seperti penerapan cuci rambut di salon-salon, suhu air yang digunakan adalah suam-suam kuku untuk menghangatkan. Baik untuk mencuci rambut sehari-hari, keramas air hangat sangat dianjurkan (karena beberapa merekomendasikan untuk melestarikan minyak alami rambut). Air hangat memungkinkan banyak kotoran, debu dan minyak berlebih untuk dibawa pergi, tanpa suhu panas yang cukup untuk membuat kulit kepala kering atau menyebabkan kerusakan rambut.Untuk rambut bersinar dan berkilau sehat, sambung dengan membilas rambut dengan air dingin pada tahap terakhir keramas untuk "mengunci" kelembaban dari kondisioner dan menutup pori-pori rambut di kulit kepala.

Tags: ,