Tips Mencegah Keriput

Dengan bertambahnya umur kita, kulit kita kehilangan kelembaban dan elastisitasnya, sehingga rentan terhadap keriput. Dermatologi memiliki banyak alat untuk mengatasi garis-garis kecil yang menandai berlalunya waktu. Alat ini termasuk krim resep, chemical peeling dan Botox. Tapi mungkin pilihan terbaik adalah kulit Anda seperti biasanya. Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara Anda untuk mencegah kerutan yang terbentuk di tempat pertama.

 

 201301--Perawatan-Kulit-Wajah-Masker-Wajah-Susu-Mutiara-MMP-032

 
    1. Jangan salahkan gen Anda. Memang benar bahwa umur lebih anggung daripada yang lain. Dan sementara para ilmuwan mulai mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana genetika dapat mempengaruhi proses penuaan, mereka juga menemukan beberapa banyak pilihan gaya hidup yang dapat mempengaruhi gen Anda. Anda hanya dapat mengatur 30% umur Anda, sisanya yang 70% adalah terserah Anda.
    2. Lindungi kulit dari sinar matahari. Ketika Anda beranjak tua, gen yang mengendalikan peradangan, produksi dan kekuatan kolagen dan kemampuan kulit Anda untuk mempertahankan air mulai berperilaku dengan cara mendorong pembentukan kerutan. Perubahan tersebut disebabkan oleh perpindahan yang daoat menjadi titik perpindahan atau perpindahan secara bertahap. Sebuah studi menemukan bahwa usia kulit yang belum terkena sinar matahari memiliki sekitar 3800 mutasi genetik, sementara kulit yang sudah terkena sinar matahari memiliki sekitar 10000 mutasi pada gen yang sama! Jadi jika resiko kanker kulit ini tidak cukup untuk menyuruh Anda menggunakan sunblock dan topi bertepi lebar, biarkan kesia-siaan yang menyuruh Anda. Wanita harus berhati-hati ketika memblokir sinar matahari. Vitamin D berasal dari matahari dan menyerap melewati kulit. Carilah produk yang dapat mengatasi kekurangan vitamin D.
    3. Makan, minum dan pemborosan pada anti oksidan. Ketika sinar UV diserap oleh kulit, mereka membuat radikal bebas, yang merupakan molekul yang mudah menguap. Radikal bebas dapat menempel ke DNA dan menyebabkan mutasi yang dapat membuat keriput. Antioksidan membantu tubuh Anda mempertahankan diri terhadap radikal bebas. Lawan keriput dengan makan makanan dan minum minuman yang mengandung antioksidan (delima, Acai, blueberry, teh hijau) dan menggunakan krim pelembab yang mengandung bahan tersebut.
    4. Gunakan kacamata hitam secara rutin. Tidak hanya melindungi kulit halus di sekitar mata Anda dari sinar matahari, tetapi juga akan membantu mencegah menyipitkan mata, yang secara langsung berkontribusi terhadap kerutan.
    5. Tidur telentang untuk mencegah garis-gari tidur yang akhirnya bisa berubah menjadi keriput.
    6. Berhenti merokok. Perokok berat hampir 5 kali lebih memungkinkan untuk menunjukkan kerutan berlebihan dibanding bukan perokok. Merokok dapat merusak kolagen dan menyipitkan mata serta menyiutkan bibir dan langsung membuat keriput dari waktu ke waktu
    7. Kontrol ekspresi wajah Anda. Lebih banyak ekspresi animasi berarti lebih banyak lipatan dan lipatan akhirnya menjadi keriput. Mungkin sulit, tetapi cobalah untuk menyingkirkan ekspresi merengut, mengangkat alis dan menyipitkan mata. Walaupun begitu jangan berhenti tersenyum atau tertawa. Senyum tulus memang menyebabkan keriput di sekitar mata Anda tetapi rasa senang yang tulus lebih kuat efeknya mencegah keriput daripada tidak tersenyum...
    8. Berbahagialah. Dalam sebuah studi kembar identik perempuan (yaitu orang-orang dengan gen yang sama), peneliti menemukan bahwa wanita yang bercerai tampak lebih tua daripada yang menikah atau menjadi janda dan wanita yang berada dalam antidepresan tampak lebih tua daripada yang tidak. Tidak jelas apakah antidepresan atau depresi itu sendiri yang menyebabkan peningkatan penuaan, tetapi temuan ini menyiratkan bahwa hubungan bahagia dan selalu optimis, melakukan pendekatan dalam kehidupan bisa jadi mencegah keriput. Setidaknya, menjadi bahagia akan membantu Anda tidak peduli tentang keriput!
    9. Temui dokter bila semua produk yang Anda coba gagal bekerja dan Anda terganggu dengan keriput tersebut. Asam retinoat dapat meminimalisir munculnya keriput. Kerutan yang timbul semata-mata dari kontraksi otot yang berlebihan, seperti dahi bergaris horizontal atau kaki gagak, harus disuntuk dengan toksin botulinum. Keriput yang sudah dalam sekali memerlukan suntikan filler.
  • TIPS

Jika Anda mengalami apnea atau tidak bisa tidur telentang, cobalah sutra atau satin untuk sarung bantal Anda, karena cenderung lebih lembut pada kulit wajah dibandingkan kapas.