Tips Memperbaiki Kuku Rapuh

Kuku Rapuh

Tidak sedikit orang yang mengalami ganggguan pada pertumbuhan kuku, yakni kuku yang lemah dan rapuh. Kuku yang lemah ditandai dengan struktur dasar yang rusak. Kuku rapuh dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, kurangnya nutrisi atau dari kondisi kesehatan tubuh yang menurun, ganggguan organ dalam tubuh. Psoriasis (gangguan pada kulit yang bisa ditandai dengan permukaan kuku yang berbintik-bintik/bergelombang), penyakit Raynaud dan kondisi paru-paru juga dapat berkontribusi untuk kuku rapuh. Anda dapat memperbaiki kuku rapuh hanya dalam beberapa langkah berikut:

  1. Konsumsi suplemen yang mengandung biotin setiap hari. Kekurangan Biotin menyebabkan kuku yang lemah.
  2. Pijat kuku dengan minyak penguat kuku atau krim pada kuku dan kutikula. Gunakan larutan yang mengandung protein. Hapus semua kelebihan minyak pada permukaan kuku dan kutikula dengan handuk basah. Pemijatan pada kuku dan kutikula bertujuan merangsang sirkulasi darah di kuku dan merangsang pertumbuhan kuku. Hal ini harus dilakukan selama beberapa kali dalam seminggu.
  3. Oleskan cat kuku bening yang dirancang untuk memperkuat kuku. Gunakan produk yang berfungsi untuk mencegah kuku membelah, kuku retak.
  4. Hapus cat kuku (berwarna atau bening) dengan cairan penghapus kuku yang tidak mengandung aseton. Aseton dapat membuat  kuku kering dan membuatnya lebih rapuh.
  5. Kuku yang terlalu panjang sebaiknya dipotong dengan gunting kuku untuk mencegah kuku rapuh. Juga hindari menggigit atau mencabut bagian kecil kuku. Menggigit dan mencabut bagian kuku dapat menyebabkan luka hingga berdarah, kuku yang pecah/retak dan mencegah kuku tumbuh dengan kuat.
  6. Pakailah sarung tangan karet saat membersihkan kuku. Kontak langsung dengan bahan kimia dapat membuat kuku menjadi kering dan  lebih rapuh sehingga lebih bebrpotensi untuk pecah. Selain itu, bahan kimia juga merugikan kutikula.

Pesan dan saran!

  • Jika Anda tidak ingin mengkonsumsi suplemen yang mengandung Biotin, cukup digantikan dengan makan makanan yang kaya akan Biotin seperti selada, wortel, almond, mentimun, kembang kol, bawang dan kubis.
  • Ketika memijat kuku dengan larutan penguat kuku, dorong kembali kutikula dengan lembut. Hal ini akan mendorong pertumbuhan kuku yang sehat.
  • Jaga agar kuku yang lemah tetap pendek untuk menghindari kuku patah.
  • Suplemen Biotin tidak dianjurkan untuk wanita hamil. Asupan yang disarankan untuk orang dewasa adalah 25 mg untuk pria dan 30 mg untuk wanita. Konsultasikan dengan dokter jika Anda masalah kuku rapuh Anda disebabbkan oleh gangguan kesehatan yang Anda miliki.

Tags: ,