Tips Memilih Lip Balm

Lip Gloss

Bibir juga rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan kekurangan air (dehidrasi) sama halnya seperti tubuh, terutama bila terkena paparan sinar matahari dalam jangka panjang. Berbagai macam produk untuk bibir yang umumnya dijual di supermarket, toko obat maupun toko kecantikan, namun banyak yang tidak memiliki sifat pelembab atau SPF. Ada beberapa hal penting yang harus dicari ketika memilih lip balm yaitu pilih yang mengandung zinc oxide dan tabir surya terutama untuk melindungi bibir dari sengatan matahari.

Berikut tips-tips memilih lip balm yang kami kutip dari ehow:
  1. Carilah lip balm yang memiliki SPF 15 atau lebih tinggi. Hal ini bertujuan untuk melindungi bibir dari kerusakan akibat sinar matahari. Penting untuk memilih produk yang melindungi terhadap kedua UVA dan UVB sehingga memberikan perlindunganyang maksimal.
  2. Cari lip balm yang juga mengandung zinc oxide, yang merupakan agen topikal yang memberikan penghalang fisik terhadap sinar merusak dari matahari. Bacalah dengan seksama bahan pelembab bibir untuk memastikan bahwa zinc oxide terdaftar sebagai salah satu bahan utama. Zinc oxide dapat meninggalkan lapisan putih sedikit pada bibir. Oleskan secara merata pada bibir dan menggunakan produk secukupnya untuk meminimalkan efek ini.
  3. Pilih lip balm yang bebas kimia serta bebas/tanpa aroma terutama jika Anda memiliki pengalaman alergi atau kulit bibir sensitif terhadap bahan kimia dan pengharum dari produk-produk sejenis.
  4. Selain zinc oxide, bahan yang penting adalah yang mengandung tabir surya (sunscreen/sunblock).
  5. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi, gatal, bengkak, ruam atau sesak napas. Hal ini mungkin menunjukkan gejala reaksi alergi terhadap bahan tertentu yang terkandung di dalamnya. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.
   
Tags: ,