Tips Memilih Kondisioner yang Tepat untuk Rambut

Tips Memilih Kondisioner Rambut

Menggunakan shampo saja untuk perawatan rambut sehari-hari tidaklah cukup. Saat shampo membersihkan rambut, minyak alami rambut juga ikut hilang terbilas. Oleh karenanya, kondisioner bermanfaat mengembalikan kelembaban rambut.

Selain itu, rambut dan kuku tersusun atas bahan yang sama yaitu terdiri atas lapisan kutikula yang bertumpuk. Setelah membilas rambut dengan shampo, susunan lapisan kutikula mencuat keluar, sehingga rambut tampak kering, tidak sedap dipandang dan susah ditata. Saat Anda menggunakan kondisiner, lapisan kutikula akan kembali tersusun rapi sehingga tiap helai rambut terasa halus, dan terutama mudah ditata.

Memilih kondisioner sebagian besar tergantung pada jenis rambut Anda (tidak seperti pilihan Anda shampo, yang tergantung pada jenis kulit kepala Anda). Memilih kondisioner yang tepat dapat membantu Anda menghindari rambut berminyak, rambut lepek, rambut kering atau keriting.

Berikut tips memilih conditioner rambut yang tepat:

  1. Pilih kondisioner yang kaya akan pelembab  jika Anda memiliki rambut   kering dan keriting.
  2. Gunakan kondisioner dengan kandungan yang membuat rambut mengembang  jika rambut Anda lemas dan tipis.
  3. Pilih kondisioner yang dibuat untuk rambut normal jika rambut Anda  sehat dan berkilau.
  4. Ganti merek kondisioner yang Anda gunakan setiap bulan secara berkala, karena rambut bisa menjadi kebal terhadap formula perawatan rambut tertentu.
  5. Jika Anda kehabisan stok kondisioner, atau jika Anda ingin menghindari bahan kimia yang terdapat dalam kondisioner komersial, coba gunakan kondisioner alami seperti mayones, minyak zaitun, atau kondisioner dari buah-buahan yang dapat Anda buat sendiri di rumah.

Tags: , , , , , ,