Tips Membuat Kondisioner Rambut dari Madu Alami

condisioner rambut

Terdapat banyak produk perawatan rambut yang tersedia di supermarket lokal untuk melembabkan rambut, tetapi umumnya mahal, terutama yang mengandung bahan-bahan alami. Yang lebih parah, beberapa produk benar-benar dapat merusak rambut Anda karena kandungan bahan kimianya. Anda dapat membuat produk pelembab rambut alami sederhana di rumah dengan menggunakan bahan-bahan umum yang ada di dapur Anda. Proses pembuatannya cepat, sederhana, menyenangkan dan yang paling penting dapat membuat rambut kering Anda bersinar indah.

Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan 1 sdm minyak zaitun,2 sdm madu,1 sdm buttermilk
  2. Tuang satu sdm minyak zaitun dalam mangkuk khusus tahan panas ke dalam microwave. Minyak zaitun sangat cocok untuk produk perawatan rambut dan kulit, sebagaimana manfaatnya dalam memelihara dan membersihkan rambut pada saat yang sama. Tidak seperti petroleum jelly, minyak rambut dan kondisioner sintetis lainnya, minyak zaitun dapat dengan mudah akan dibilas dari rambut Anda, membuatnya lembab dan bersinar.
  3. Tambahkan dua sdm madu alami ke dalam mangkuk. Madu adalah kondisioner utama dalam perawatan rambut kering. Madu tidak hanya memiliki aroma yang harum dan enak tapi berfungsi membersihkan bahan-bahan kimia yang menumpuk pada rambut dengan lembut tanpa mengikis minyak alami pada rambut. Selain itu, madu juga membentuk lapisan pelindung pada rambut Anda, membantu untuk mencegah kerusakan akibat berbagai produk perawatan dan penataan rambut.
  4. Tuang satu sdm buttermilk ke dalam mangkuk. Buttermilk juga bekerja sebagai agen pelembab, dan mengandung asam laktat, yakni sebuah elemen yang akan membantu membangun kekuatan dan elastisitas rambut Anda.
  5. Aduk ketiga bahan tersebut hingga tercampur merata.
  6. Hangatkan dalam microwave selama 30 sampai 60 detik sampai panas. Aduk-aduk hingga membentuk pasta atau cream. Oleskan pasta hangat untuk rambut basah dan biarkan kondisioner meresap selama 20 menit sebelum dibilas seperti biasa.

Resep pembuatan kondisioner madu alami ini adalah resep satu kali pakai untuk rambut dengan panjang sedang/medium. Untuk rambut panjang, Anda tingga mengalikan takaran resep ini dalam sekali pembuatannya. Selamat mencoba!


Tags: , , ,