Tips Memakai Shading Yang Tepat Sesuai Bentuk Wajah

Makeup adalah salah satu kebutuhan dasar bagi kaum hawa. Seorang perempuan cantik akan tampak lebih menarik dengan sentuhan makeup yang tepat di wajahnya.

Nah, ladies... sudah tau belum apa dan bagaimana kriteria makeup yang tepat untuk anda? Pada dasarnya ada beberapa poin utama yang menjadi dasar pengaplikasian makeup yang tepat untuk anda:

  1. Sesuai dengan acara yang akan didatangi
  2. Sesuai dengan busana yang dikenakan
  3. Sesuai dengan bentuk wajah anda

Nah... mudah kan sebenarnya untuk menentukan bagaimana sih makeup yang pas untuk anda kenakan?

Kali ini yang akan kita bahas adalah tips memakai shading yang tepat sesuai dengan bentuk wajah anda.

  1. Bentuk Wajah Bulat

Bentuk wajah yang dikategorikan sebagai bentuk wajah air ini memiliki beberapa ciri khas yang banyak ditemui di negara-negara Asia dengan ciri utama yang mudah diidentifikasi yaitu lebar wajah dari jarak antara kedua tulang pipi yang relatif sama dengan panjang wajah dari dahi ke dagu. Pemilik wajah bulat biasanya memiliki karakter wajah yang tidak bersudut dan dahi yang membulat dan cenderung lebar. Nah untuk membuat pemilik wajah dengan tipe bulat ini tampak lebih berkarakter, maka diperlukan shading yang tepat dengan warna-warna hangat yang disapukan secara vertikal di daerah rahang hingga ke separuh bagian pipi dan sedikit di bagian pelipis untuk penyeimbang. Untuk memberikan kesan segar dan dimensi yang pas, sapukan juga blush on  dengan warna-warna natural seperti apricot atau beige ke arah atas tepat di daerah tulang pipi. Tambahkan juga shading berwarna cokelat tua di area sepanjang pangkal hidung bagian dalam hingga ke cuping hidung untuk membuat kesan lebih tegas bagi anda pemilik wajah bulat dengan hidung yang tidak terlalu mancung agar terlihat lebih tegas.

Teknik pengaplikasian ini juga tepat untuk bentuk wajah buah pear. Bagaimana? Bagus kan hasilnya ladies?

  1. Bentuk Wajah Kotak

Bentuk wajah kotak sebenarnya hampir sama dengan wajah bulat.  Perbandingan panjang dari dahi ke dagu dan jarak antara kedua pipi biasanya relatif sama. Bedanya, pemilik bentuk wajah kotak mempunyai karakter yang bersudut dan tegas di bagian rahang. Wajah kotak dikategorikan ke dalam bentuk kayu. Tantangan dalam pengaplikasian makeup untuk pemilik wajah kotak adalah bagaimana membuat bentuk wajah yang identik dengan karakter wajah orang-orang bagian selatan Amerika dan bagian timur Indonesia ini terlihat lebih lembut dan tidak terlalu kaku. Jika dalam pengaplikasian shading untuk wajah bulat blush on berwarna gelap disapukan di area rahang dan separuh bagian pipi, maka untuk wajah kotak pengaplikasian shading lebih difokuskan ke tulang rahang itu sendiri. Pulaskan blush on berwarna cokelat atau cokelat tua ke tulang rahang bagian samping hingga ke bagian dalam dekat telinga. Pengaplikasian ini akan lebih maksimal apabila dalam memakai foundation juga digunakan warna yang lebih gelap di area tersebut. Setelah dirasa cukup, pulaskan blush on berwarna bronze atau merah bata di area tulang pipi arah vertikal untuk memberi dimensi dan kesan segar.

Teknik pengaplikasian ini juga bisa digunakan untuk bentuk wajah oblong, rectangular, dan segitiga

  1. Bentuk Wajah Oval

Bentuk wajah oval seringkali disebut sebagai bentuk wajah yang paling ideal dan tidak memerlukan terlalu banyak perbaikan. Perbandingan jarak antara dahi ke dagu dan jarak antara kedua tulang pipi berbanding satu setengah kali. Nah, jika pada kasus wajah kotak fungsi dari shading adalah melembutkan karakter wajah, maka fungsi shading untuk wajah oval mirip dengan fungsi shading untuk wajah bulat, yaitu untuk mempertegas karakter wajah. Cukup sapukan blush on berwarna segar atau hangat sesuai dengan warna kulit anda di sepanjang tulang pipi. Sapukan secara menyerong namun tidak terlalu vertikal tidak juga mendatar. Sapukan mengikuti bentuk tulang pipi anda. Jika anda pemilik wajah oval dengan tulang pipi mendatar, maka sapukan secara lebih vertikal untuk memberi kesan pipi yang naik dan berdimensi. Jika anda pemilik wajah oval dengan tulang pipi menonjol, maka sapukan blush on secara lebih mendatar dibanding untuk pemilik tulang pipi mendatar.

Teknik pengaplikasian ini juga bisa dilakukan untuk bentuk wajah berlian, hati, atau segitiga terbalik.

Nah ladies... bagaimana? Mudah bukan menyiasati bentuk wajah anda dengan shading agar terlihat lebih menarik?

Selamat mencoba ya!


Tags: , , , , , , , , ,