Sedang Program Menurunkan Berat Badan? Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Ini!

Tubuh yang indah dan sehat dengan berat badan ideal adalah dambaan setiap orang terutama wanita. Beruntunglah mereka yang dikarunia tubuh dengan proporsi yang ideal dan susah untuk menjadi gemuk. Bagi yang tidak, berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan sehat adalah salah satu cara menjaga bentuk tubuh agar tidak mudah gemuk dan dihinggapi berbagai macam penyakit.

Anda sudah berulangkali mencoba menurunkan berat badan dengan diet ketat, berolahraga, hingga mengkonsumsi obat diet namun berat badan anda tak kunjung turun atau selalu kembali naik?

Coba cek apakah kebiasaan-kebiasaan anda sendiri yang ternyata menggagalkan program diet anda!

1. Begadang

Kadang karena padatnya pekerjaan atau faktor stress, seseorang akhirnya mengalami susah tidur dan memilih untuk begadang. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini. Begadang ditengarai menjadi salah satu penyebab utama gagalnya program diet anda. Pada saat malam hari, asam lambung cenderung naik sehingga perut cenderung terasa kembung dan lapar. Tentunya hal ini menjadi tantangan bagi anda yang sedang menjalani diet, dan hampir dapat dipastikan pada saat begadang tentu ada saja makanan baik ringan maupun berat yang akhirnya anda konsumsi. Maka itu, gunakan waktu malam hari untuk beristirahat, agar anda tidak tergoda untuk ngemil tengah malam yang akhirnya mengganggu proses diet anda.

2. Perut Kosong Terlalu Lama

Banyak orang yang masih salah memahami makna diet yang sesungguhnya. Diet adalah proses pengubahan dan pengaturan pola makan menjadi lebih teratur sesuai kebutuhan badan dan sesuai beban aktifitas anda. Seseorang menjadi gemuk karena asupan makanan dan aktifitasnya tidak seimbang. Jadi, perlu diingat kembali bahwa diet bukan berarti tidak makan dan membiarkan perut kosong. Perut yang kosong hanya akan memicu anda untuk 'balas dendam' ketika akhirnya berhadapan dengan makanan, dan akhirnya membuyarkan diet anda. Makanlah secara teratur dengan asupan gizi yang seimbang sesuai kebutuhan, pada pagi hari, siang, dan malam hari sebelum pukul tujuh. Hindari makanan yang diolah secara digoreng, dan konsumsi makanan tinggi serat seperti sayur dan buah-buiahan.

3. Berolahraga Secara Berlebihan

Dewasa ini semakin sering ditemui orang-orang yang disebut dengan "gym addict". Mereka biasanya merasa bersalah dan merasa gemuk ketika sehari saja mereka absen berolahraga. Fenomena ini banyak ditemui di kota-kota besar terutama pada perempuan, dengan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan penampilan yang menarik. Namun tahukah anda bahwa terlalu keras berolahraga juga dapat mengacaukan metabolisme tubuh? Selain itu, cedera dari ringan hingga berat juga dapat mengancam orang-orang yang kecanduan berolahraga. Berolahragalah sewajarnya namun tetap rutin dan tidak menyiksa diri untuk menjaga kesehatan tubuh. Yang penting adalah sempatkan otot untuk meregang dan ajak tubuh anda berkeringat setiap hari.

4. Salad Memang Makanan Sehat, Asal...

Banyak orang yang memilih menghindari nasi dan sebagai gantinya mengkonsumsi  salad untuk menjaga berat tubuh. Tapi kok berat badan nggak turun-turun malah naik ya? Hmmm... periksa dulu 'salad' anda. Apabila anda mengkonsumsi salad dengan banyak mayonaise tentu saja berat badan anda tidak kunjung turun dan semakin naik. Salad sebagai menu diet yang dimaksud bukanlah salad yang kaya akan mayonaise ya ladies. Tetapi salad segar dengan irisan sayur dan buah-buahan, kentang rebus, serta kacang-kacangan yang dikonsumsi hanya dengan satu hingga dua sendok olive oil atau salad oil.

Nah itu dia ladies, hal-hal yang mengganggu keberhasilan diet anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda dalam menurunkan berat badan ya...


Tags: , , , ,