Perawatan Rambut Hitam Lebat

images (3)

Di Indonesia, sebagian besar orang memiliki rambut yang berwarna hitam. Warna rambut yang hitam dianggap subur dan indah, sementara rambut yang berwarna coklat apalagi putih akan dianggap tidak normal. Bagi orang-orang yang telah lanjut usia, berambut putih atau beruban itu wajar. Namun bagi mereka yang masih muda, rambut beruban adalah masalah. Ada banyak cara untuk membuat rambut menjadi sehat agar jauh dari masalah rontok selain itu membuat rambut hitam mengkilat lagi sehingga rambut menjadi cantik, semua orang pasti sangat menginginkan rambut yang sehat dan hitam, bagi wanita hal ini merupakan makhota kepala mereka, yang dapat memberikan penampilan menjadi lebih menarik dan tampil cantik.

Saat ini ada banyak sekali produk kesehatan yang disebut memiliki kandungan gizi yang dapat memperbaiki sel-sel rambut, membuatnya subur dan ditumbuhi rambut yang berwarna hitam. Tentu saja cara tersebut bisa dan umumnya instan.Pada kebanyakan kasus, kerusakan rambut atau memudarnya warna hitam rambut anda disebabkan karena beberapa faktor yang mungkin tidak anda sadari. Salah satu faktor yang paling banyak yakni karena paparan sinar matahari. Tentu anda sendiri sudah tahu, selain membuat rambut anda rusak paparan sinar matahati juga dapat memudarkan warna hitam rambut apabila paparan tersebut dalam waktu lama. Selain itu perawatan rambut juga dapat menjadi faktor memudarnya warna rambut, perawatan disini yakni seperti mewarnai rambut dan perawatan lainnya yang menggunakan berbagai bahan kimia.

Di bawah ini beberapa hal yang menyebabkan rambut tidak hitam sehat : Kurangnya zat para amino asam benzoat, Minyak rambut atau shampoo yang tidak cocok, Menggunakan air yang tidak bersih Terlalu sering terkena paparan sinar matahari Akibat stres Gizi buruk Faktor keturunan Menderita penyakit berat atau sedang dalam masa pengobatan Adanya gangguan ginjal, keracunan logam berat, kelainan imunitas, kelainan hormon, sinar X

Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bermanfaat untuk menghitamkan rambut sekaligus menghilangkan uban di kepala secara alami : Cara Menghitamkan Rambut dengan Kemiri Selain dipakai sebagai bumbu dapur, kemiri juga berkhasiat untuk menghitamkan rambut. Caranya, siapkan beberapa biji kemiri yang bagus, kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu bubuk kemiri disangrai (goreng tanpa minyak) hingga keluar minyak. Oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas rambut dengan air hangat.

Daun Pandanwangi Daun pandan wangi bukan hanya digunakan untuk pengharum masakan, namun juga bisa digunakan sebagai ramuan penghitam rambut. Caranya, ambil 7 lembar daun pandan wangi, kemudian cuci bersih dan dipotong-potong. Rebus dengan 1 liter air hingga warna airnya menjadi hijau. Diamkan air rebusan tersebut di udara terbuka semalaman (diembunkan). Pagi harinya, tambahkan air perasan buah mengkudu masak, pada air rebusan daun pandan. Ramuan tersebut digunakan untuk mencuci rambut setiap pagi. Lakuakn secara teratur 3 kali seminggu.

Perawatan rambut degan daun bandotan Cuci bersih daun dan batang bandotan segar sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Oleskan hasil tumbukan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Tutup kepala dengan sepotong kain. Biarkan selama 2-3 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan air dingin.

Jeruk Purut Cuci 1 buah jeruk purut masak sampai bersih, lalu parut. Tambahkan 1 sendok makan air bersih, lalu remas dan saring airnya. Gunakan air saringannya untuk menggosok rambut setelah keramas.

Merang Padi Siapkan 2 ikat tangkai buah padi (merang) yang sudah kering dan dimasukkan ke dalam panci atau bejana dari tanah liat. Kemudian merang dibakar sampai semuanya hangus menjadi abu. Tambahkan 1 liter air, lalu embunkan di udara terbuka semalaman. Ambil air yang bening untuk keramas. Selesai keramas, bilas dengan air perasan 1 buah jeruk purut yang telah masak dan diencerkan dengan 2 gelas air. Kemudian rambut dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu.