Penyebab Dan Cara Merawat Payudara Yang Kendur

bra

Bila wanita memiliki payudara seksi dan indah, tentunya mereka akan bangga. Payudara atau bahasa latinnya adalah mamma, merupakan organ tubuh bagian atas dari spesies mamalia berjenis kelamin betina, termasuk manusia. Manusia merupakan satu-satunya mahkluk hidup yang payudaranya tumbuh di tubuh bagian atas. Payudara juga merupakan bagian tubuh wanita yang membuat pria tergoda dan merupakan daya tarik seksual bagi wanita. Payudara juga menjadi daya tarik seksual laki-laki yang melihat bentuknya. Maka, penting sekali untuk merawat keindahan payudara

Penyebab payudara menjadi kendur Beberapa penyebab yang mengakibatkan payudara menjadi kendur & tidak menarik diantaranya adalah:

  1. Salah memilih bra: menggunakan bra yang kekecilan akan menyebabkan payudara kecil dan timbul rasa sakit sedangkan bila menggunakan bra yang kebesaran akan membuat payudara turun dan kendur.
  2. Usia yang semakin tua: Usia yang semakin bertambah menyebabkan berkurangnya regenerasi sel dalam tubuh & akan mempengaruhi payudara.
  3. Perlakuan kasar: Perlakuan kasar pada payudara dapat menyebabkan trauma, kendur, hingga memicu kanker.
  4. Diet dan Obesitas: Disaat mengalami masalah obesitas atau berat badan bertambah membuat ligamen tubuh tidak pada posisinya, sehingga jaringan payudara juga berpindah yang mengakibatkan payudara menjadi lebih kendur. Sedangkan disaat melakukan diet, payudara akan menjadi kecil karena berkurangnya lemak, sehingga terlihat kecil dan kendur.
  5. Gravitasi: Menurut Ir. N.O. Brantly yang dibenarkan oleh Dr. Melissa S. Luwia, MHA, dari Yayasan Kanker Indonesia. Salah satu penyebab payudara wanita menjadi kehilangan kekencangannya atau menjadi kendur adalah faktor gaya gravitasi bumi.
  6. Melahirkan: Penyebab payudara kendur lainnya adalah kehamilan dan melahirkan. Disaat mengandung payudara akan membesar dan semakin bertambah beratnya, terutama disaat kehamilan sudah memasuki detik-detik melahirkan.
  7. Menyusui: Disaat menyusui kantung kelenjar susu pada payudara semakin meningkat, begitu juga dengan beratnya. Sehingga payudara akan semakin jatuh dan terlihat kendur.
  8. Kurang gizi: Salah satu faktor yang menjadi pemicu payudara kendur dan tidak padat adalah kurangnya asupan gizi terutama makanan yang banyak mengandung protein nabati.

Untuk merawat keindahan payudara, Anda tak perlu repot-repot ke salon atau klinik kecantikan. Anda juga dapat melakukan perawatan sendiri di rumah dengan pilihan krim atau gel khusus payudara sesuai kebutuhan.

Firming Cream : Membantu mengencangkan kembali kulit dan elastisitas payudara yang kendur karena berbagai faktor. Dengan pemakaian teratur, payudara terlihat lebih kencang dan padat.

Cara pemakaian: Cukup oleskan tipis-tipis pada permukaan kulit payudara. Lakukan dua kali sehari, setiap pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur.

Pelembap : Perubahan berat badan, bertambahnya usia, atau setelah melahirkan membuat kulit payudara yang sensitif menjadi lebih kering. Gunakan pelembap khusus payudara untuk mengembalikan kehalusan dan kelembapan kulitnya.

Cara pemakaian: Usapkan merata ke seluruh permukaan payudara sambil pijat lembut. Gunakan dua hari sekali, pada pagi dan malam.

Gel : Pemijatan teratur bisa membantu memperbaiki kekenduran kulit payudara dan keriput. Pijat dilakukan dengan gel yang mengandung olive oil.

Cara pemakaian: Usapkan gel secara merata, lalu lakukan pijatan ringan sekitar 2-3 menit. Gunakan dua kali seminggu untuk hasil maksimal.