Penyebab Dan Cara Tepat Mengatasi Mata Panda

Skincare-576x3501

Masalah pada sebagian besar orang saat ini adalah munculnya lingkaran gelap di daerah mata yang biasanya muncul pada bawah kelopak mata. Lingkaran Pada mata yang menghitam tentu sangat menggangu penampilan, bahkan bisa menjadikan Anda kurang percaya diri. Lingkaran pada wajah bagian mata tentu akan terlihat lesu, loyo dan juga tua. Masalah ini disebabkan karena kurang tidur dimalam hari dan juga kelelahan serta gaya hidup yang tidak sehat.

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya mata panda, seperti:

1. Proses Penuaan Secara ilmiah setiap manusia akan mengalami proses penuaan. Salah satu ciri proses penuaan tersebut adalah munculnya lingkaran gelap di bawah mata. Lingkaran gelap tersebut muncul akibat menurunnya elastisitas kulit. Lapisan kulit pun menjadi lebih tipis sehingga pembuluh darah terlihat lebih jelas. Itulah yang menyebabkan lingkaran gelap di bawah mata semakin kentara seiring usia bertambah.

2. Faktor Genetik Jika secara genetis orang tua Anda memiliki lingkaran gelap di bawah mata, bisa jadi akan diturunkan kepada Anda. Bahkan di usia muda, lingkaran gelap tersebut bisa sangat kentara.

3. Kurang nutrisi Selain faktor genetis, kurangnya asupan gizi penting seperti vitamin A, C, K dan E di dalam tubuh juga bisa menjadi pemicu munculnya lingkaran gelap di bawah mata.

4. Kebiasaan Merokok Asap rokok mengandung radikal bebas yang dapat melemahkan kolagen, terutama di bagian bawah mata. Kolagen merupakan bahan pembangun utama pada dermis, salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein ini penting agar kulit senantiasa kencang dan lentur.

5. Paparan Sinar UV Terlalu sering terpapar sinar UV dapat membuat tubuh memproduksi terlalu banyak melanin. Melanin adalah penentu utama warna kulit yang juga terdapat pada rambut. Jika produksi melanin meningkat besar kemungkinan lingkaran gelap di bawah mata akan semakin jelas.

Cara alami untuk mengatasi masalah mata panda ini adalah dengan menggunakan air es dingin atau susu dingin untuk mengompres mata. Bahasi kain dengan menggunakan air atau susu kemudian kompres mata selama 15-20 menit. Hal ini dapat membantu mengistirahatkan mata.

Selain itu, bahan alami yang dapat digunakan untuk mengompres mata adalah kantung the yang telah didiamkan selama satu hari, air mawar, lidah buaya, dan juga mentimun. Bahan-bahan tersebut dipercaya efektif mengurangi lingkaran hitam pada mata. Selain itu juga dapat memberikan sensasi dingin dan membuat mata kembali segar.

Bila kantung mata tersebut timbul karena faktor genetis, kemungkinan agak sulit untuk menghilangkannya dengan cara-cara alami. Cara instan yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan operasi . Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan mata panda dengan cara membuang lemak jahat, otot dan kulit disekitar mata yang menghitam.