Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

hello semuanya kembali lagi nih ketemu sama mimin di artikel-artikel ini hehe. Sedikit cerita pribadi nih di selah weekend mimin kemarin nonton salah satu acara televisi tentang kesehatan dan mimin terinspirasi nih buat berbagi informasi tentang kesehatan bagian tubuh yang tertutup yaitu selangkangan. Bagian tubuh tidak hanya yang terlihat yang perlu kita jaga dan kita rawat, tetapi bagian tubuh tertutup juga perlu diperhatikan dan dirawat. Masalah yang mimin mau bahas soal kesehatan adalah suatu penyakit pada selangkangan yaitu gatal pada kulit selangkangan. Gatal biasa disebabkan oleh jamur dan bakteri yang berada dibagian tubuh lipatan, jari-jari tangan, dan bagian tubuh yang lembab.

Penyebab Gatal Pada Selangkangan :

  1. Jamur : Pasti penyebab utama yang kita ketahui untuk masalah gatal pada selangkangan adalah jamur. Jamur mudah tumbuh diarea yang lembab dan kebersihanya berkurang sehingga hal inilah yang membuat gatal pada selangkangan. Untuk dapat mengetahui gatal yang disebabkan jamur biasanya disekitar atau pada selangkangan berwarna merah atau coklat dan bisa jadi berwarna hitam, dengan ciri-ciri saat kita berkeringat maka akan terasa semakin gatal.
  2. Intertrigo : untuk hal semacam ini biasanya diakibatkan oleh gesekan antara kulit dengan pakaian. Inertrigo ini berciri-ciri pada kulit berwarna merah, kulit terasa terbakar, dan selangkangan terasa gatal.
  3. Bakteri : Bakteri selalu menyerang seluruh bagian tubuh kita. Infeksi bakteri mengakibatkan rasa nyeri dan demam jika termasuk parah. Gatal pada selangkangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri berciri-ciri dengan selangkangan berwarna merah dan terbentuk nanah.
  4. Scabies : Penyebab gatal pada selangkangan ini disebabkan oleh kutu saccoptes scabei yang suka berada didaerah kulit yang tipis seperti selangkangan. Cirinya yaitu kulit di malam hari dan dapat menularkan pada orang sekitar.
  5. Alergi : Hal ini disebut alergi karena tidak cocoknya pada suatu produk yang kita pakai hingga menimbbulkan gatal dan ruam merah pada selangkangan.

Cara Mengatasi Gatal Pada Selangkangan

  1. Untuk menghilangkan dan mencegah rasa gatal gunakanlah pakaian yang tidak ketat sehingga dapat mengurangi kelembaban yang dapat menimbulkan rasa gatal.
  2. Pakailah celana dalam yang berbahan katun yang dapat menyerap keringat agar tidak tertimbun pada selangkangan sehingga gatal akan terhindar.
  3. Mandilah 2 kali dalam sehari selain untuk menjaga kebersihan tubuh hal ini juga dpat menghilangkan rasa gatal pada selangkangan dan gunakanlah handuk yang bersih untuk mengeringkan badan setelah mandi
  4. Obati dengan obat yang sesuai dengan penyebabnya jika jamur gunakan obat yang mengandung anti jamur. Masalah infeksi bakteri bisa menggunakan obat yang mengandung antibiotik, dan jika untuk penyebabnya kutu gunakan obat anti scabies.
  5. Jangan menggunakan pakaian yang dipakai orang lain terlalu sering.
  6. Jangan menggaruk gatal pada selangkangan secara rutin karena dapat menimbulkan gatal yang semakin parah dan menimbulkan alergi.
  7. Mengurangi gatal dapat pula dengan mengompres dengan es batu.
  8. Daun Sirih juga dapat mengobati rasa gatal pada selangkangan maka gunakanlah dengan cara merebus daun sirih lalu menggunakan airnya untuk mandi.

Mudah bukan untuk mengatasi gatal pada selangkangan ? di artikel ini kita juga dapat mengetahui cara untuk mencegahnya karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Menginginkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai masalah bisa kita dapatkan. Mengingkinkan wajah yang putih serta terbebas dari jerawat akan terasa lebih lengkap jika kita tidak mengalami gatal pada selangkangan.