Pentingnya Serum Bagi Kulit Cantikmu

Face of woman with flower

Dalam dunia kecantikan, serum merupakan zat cair yang kandungannya sebagaian besar terdiri dari asam amino, air dan emulsi (air dalam minyak atau minyak dalam air) dengan tambahan zat-zat aktif lainnya sehingga dapat meresap ke dalam lapisan kulit terdalam.

Bahan aktifnya memberikan zat antioksidan bagi kulit, memperbaiki proses pertumbuhan kulit, dan memperkecil ukuran pori-pori kulit. Satu hal yang bukan merupakan kegunaan serum adalah sebagai pelembab kulit. Jadi serum bukan bentuk lain moisturizer dengan harga yang lebih mahal. Lalu, bagaimana cara kerja serum? Moisturizer memiliki bahan dasar yang berguna untuk melembabkan bagian luar kulit, sedangkan serum memiliki bahan dasar lipid-soluble yang dapat membawa bahan aktif yang terkandung di dalamnya melakukan penetrasi hingga ke lapisan epidermis.

Cara menggunakan serum adalah dengan mengaplikasikan sedikit formula kira-kira sebesar kacang pada wajah dan leher Anda. Jangan lupa untuk memakai serum dua menit setelah membersihkan wajah dengan cleanser.Kemudian Anda dapat menunggu selama tiga sampai lima menit sebelum mengaplikasikan moisturizer. Ingatlah, fungsi utama serum bukan sebagai pelembab. Jadi, Anda tetap harus menggunakan pelembab dan tabir surya, saat siang hari, meskipun sudah mengenakan serum.

Memang, menggunakan pelembab akan membuat efektifitas serum menurun. Tapi serum dan pelembab sama-sama dibutuhkan oleh kulit Anda.