Pemutih Gigi

Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang berperan penting dalam kesehatan tubuh. Salah satu fungsi gigi secara umum adalah sebagai alat untuk menikmati makanan dalam kehidupan sehari-hari. Gigi juga salah satu bagian tubuh berkumpulnya saraf-saraf kecil yang langsung menuju ke otak. Saraf-saraf tersebut merupakan saraf yang sangat penting, sehingga beberapa dokter menyarankan dan memutuskan dengan benar sebelum mencabut atau melakukan hal yang berhubungan dengan gigi. Anda pernah mendengar bahwa gigi yang berlubang dan sakit tidak boleh dicabut terlebih dahulu bukan?

pemutih-gigi

Gigi yang bersih adalah gigi yang tidak ditumbuhi plak dan berwarna putih. Gigi akan mengunyah banyak makanan setiap hari dan akan menimbulkan berbagai permasalahan gigi jika Anda tidak rajin-rajin membersihkannya. Untuk memiliki gigi yang sehat dan bersih, kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung gula/pemanis dan makanan keras secara berlebih, contohnya coklat, permen, es krim dan sejenisnya. Konsumsilah makanan yang mengandung banyak vitamin dan yang bisa membantu Anda menjaga kebersihan gigi Anda. Misalnya apel, kacang hijau segar, kembang kol, wortel dan buah-buahan renyah lainnya. Beberapa makanan tadi bisa Anda konsumsi mentah dan segar dimana akan bertindak seperti sikat gigi alami yang mampu membesihkan sisa makanan dan noda pada gigi yang tertinggal.

Keuntungan lainnya adalah buah-buahan itu rendah kalori dan tinggi nutrisi. Mengunyah buah-buahan segar juga secara tidak langsung memijat gusi dan meningkatkan sirkulasi darah ke bagian gusi sehingga jaringan gusi tetap sehat. Mengunyah buah juga akan meningkatkan produksi air liur, cairan yang penting bagi kesehatan mulut dan gigi.


Biasakanlah untuk menjaga kebersihan gigi dengan rutin menggosoknya tiap hari. Tapi ketahuilah bahwa menggosok gigi secara teratur belum tentu efektif sebagai cara merawat gigi jika tekniknya kurang tepat. Membersihkan gigi yang kurang tepat akan mengakibatkan plak pada gigi atau gigi kuning. Ini adalah salah satu masalah umum pada gigi yang dialami oleh sebagian besar orang di dunia. Banyak sekali cara memutihkan gigi yang bisa Anda terapkan. Diantaranya adalah memutihkan gigi di dokter gigi, memutihkan gigi dengan produk pemutih gigi, atau memutihkan gigi dengan bahan herbal pemutih gigi. Tiga cara yang disebutkan tadi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang, membersihkan gigi dengan mengunjungi dokter gigi adalah cara yang paling tepat. Dokter gigi akan membersihkan gigi Anda dan mengaplikasikan pemutih gigi pada gigi Anda sesuai dengan resep yang dianjurkan. Namun, untuk Anda yang memiliki waktu luang sedikit, Anda bisa menggunakan produk pemutih gigi yang dijual oleh berbagai toko kesehatan dan toko kosmetik. Banyak sekali pemutih gigi yang sudah dipasarkan sesuai dengan resep yang dianjurkan oleh dokter gigi. Cara penggunaannya pun cukup mudah dan cepat tanpa menggangu waktu Anda.

Setelah Anda merawat gigi Anda dan berhasil memutihkan gigi Anda, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah merawat kebersihkan dan kesehatan gigi Anda salah satunya dengan menggosok gigi. Berikut kami berikan beberapa tips dan cara menggosok gigi yang baik dan benar:

  1. Jadikan menggosok gigi sebagai bagian dari rutinitas wajib, setelah makan atau setidaknya pagi dan malam sebelum tidur.
  2. Menggosok gigi 2-3 kali sehari. Jangan menggosok gigi lebih dari 3 kali sehari karena dapat merusak email gigi dan membahayakan gusi.
  3. Jangan menggosok gigi terlalu keras. Agar dapat mengontrol pergerakan sikat dengan lebih baik, pegang gagang sikat seperti Anda memegang pensil, bukan dengan tangan mengepal.
  4. Agar penyikatan gigi dapat dilakukan dengan lebih seksama, beri waktu setidaknya 30 detik untuk menyikat tiap sisi deretan gigi: samping kanan, samping kiri, dan bagian depan.
  5. Pegang sikat Anda pada sudut 45 derajat dari gusi dan gerakkan sikat dari kanan ke kiri berulang kali di sepanjang gigi. Sikat permukaan gigi bagian luar dan dalam, serta geraham belakang.
  6. Selain pada permukaan gigi, bakteri juga terdapat pada lidah dan sisi dalam kanan kiri pipi. Sikat juga bagian ini dengan lembut secara teratur untuk mengurangi bau napas tidak sedap. Beberapa merek menyediakan alat khusus untuk membersihkan lidah.
  7. Berkumurlah dengan air bersih tiap setelah selesai menggosok tiap bagian. Jangan lupa gunakan obat kumur antiseptik sebagai salah satu penunjang kebersihan mulut dan kesegaran bau napas.

Tags: , ,