Mitos Seputar Cara Menghilangkan Jerawat yang Kamu Harus Tahu

Cara Menghilangkan JerawatJerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami kita. Berbagai faktor dapat menyebabkan munculnya jerawat. Mulai dari faktor hormon, kebersihan diri, pemakaian produk kosmetik, alergi, faktor genetik, stress dan bahkan faktor kurangnya nutrisi dalam tubuh. Jerawat paling banyak dikeluhkan oleh para remaja, dikarenakan masih termasuk ke dalam masa puber sehingga tubuh banyak mengalami perubahan hormon. Pada saat itulah kelenjar penghasil minyak sedang aktif mengeluarkan minyak yang disebut dengan sebum. Banyak yang melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat yang diderita. Tidak hanya pada saat jerawat sedang tumbuh, namun setelahnya pun kita masih harus menghadapi bekas jerawat yang sulit hilang dan memakan waktu yang lama. Ada yang berkonsultasi ke dokter dan banyak juga yang mencoba mengatasi jerawat dengan caranya sendiri.

Di masyarakat, banyak cara menghilangkan jerawat yang dikenal. Ada yang ternyata hanya sebuah mitos, ada pula yang cukup membantu membersihkan jerawat dari wajah kita. Disini kita akan membahas beberapa mitos cara menghilangkan jerawat yang harus kita ketahui. Hal ini ditujukan agar kita tidak salah dalam mengambil tindakan yang mungkin saja dapat memperburuk kondisi kulit wajah kita.

Semakin Sering Kita Mencuci Muka akan Semakin Baik

Kita memang dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan muka sebaik mungkin untuk mencegah datangnya bakteri penyebab jerawat. Namun, tidak dilakukan berkali-kali dalam jarak waktu yang dekat dalam satu hari. Hal ini dikarenakan pembersih muka yang pada umumnya mengandung bahan kimia. Jika dipakai secara berlebihan,, bahan kimia tersebut dapat merusak kulit kita. Untuk itu, cukup membersihkan muka sebanyak 2x sehari. Selain itu pilihlah pembersih yang lembut dan hypoallergenic.

Makanan Berlemak Penyebab Jerawat

Selama ini, makanan berlemak selalu menjadi pantangan bagi orang yang berjerawat. Sebenarnya mitos ini tidak sepenuhnya salah, namun menurut Amrica Academy of Dermatology, telah berhasil dibuktikan bahwa tidak ada hubungan langsung antara makanan berlemak dan jerawat, Akan tetapi makanan berlemak itu berpengaruh buruk pada tubuh dan mau tidak mau kulit pun ikut terpengaruh.

Jerawat Berkurang Jika Kita Memencetnya

Ini adalah hal yang sangat salah! Karena dengan memencet jerawat, kita akan menyebarkan bakteri disekitarnya. Jika bakteri tersebut masuk ke dalam pori-pori yang terbuka, bisa saja menyebabkan infeksi.

Scrubbing Dapat Mengurangi Jerawat

Hal ini juga tidak boleh dilakukan, hal ini dikarenakan scrubbing akan membuat jerawat semakin meradang dan iritasi. Jerawat akan semakin parah dan tidak kunjung membaik.

Kesimpulannya, tidak semua mitos cara menghilangkan jerawat baik untuk kita lakukan. Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu. Dan gunakanlah selalu produk perawatan kulit yang alami dan aman.


Tags: , , , , , , ,