Merawat Rambut Dengan Buah Nanas

Memiliki rambut yang lebat adalah impian setiap kaum hawa dan tak jarang kaum adam pun ingin memiliki rambut seperti para kaum hawa, karena rambut adalah mahkota dan merupakan salah satu nilai kecantikan pada tubuh kita. Beberapa cara merawat rambut agar menjadi sehat, harum, dan pastinya hitam berkilau ialah dengan mencuci rambut sebanyak 2 atau 3 kali seminggu dan gunakanlah jenis shampo yang sesuai dengan tipe kulit kepala dan jenis rambut. Jika salah menggunakan shampo yang tepat untuk rambut maka beberapa masalah akan timbul seperti tumbuhnya ketombe rambut, bercabang dan mudah rontok. Bukan karna terik matahari atau cuaca yang menyebabkan rambut kita rontok tetapi bagaimana kita menjaga dan merawat rambut. Penyebab lambatnya pertumbuhan rambut disebabkan oleh faktor genetik atau hormon androgen pada keturunan, setrees juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dan penyebab dari kerontokan. Para ahli menyarankan agar mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan yang dapat mendukung pertumbuhan rambut, hal ini merupakan cara sederhana. Seperti pepatah lebih baik mencegah daripada mengatasi. 

istock_000005630288xsmallBanyak tumbuhan buah-buahan disekitar kita tanpa disadari yang dapat ditemukan untuk merawat rambut kita agar. Salah satunya adalah buah nanas. Nama latin dari buah nanas adalah ananas comosus, buah yang berjenis tumbuhan tropis. Buah ini memiliki banyak kandungan diantaranya kadar air yang tinggi, vitamin A dan C, Vitamin B komplek, Fosfor, Kalsium, Mangan, Zat Besi, Sukrosa, Enzim Bromelain. Buah nanas sering dijumpai sebagai bahan makanan, selai, keripik, manisan, jus. Kita dapat mengelolanya untuk pertumbuhan rambut sebagai masker rambut yang mudah dibuat sendiri dirumah. Vitamin A, C, dan B komplek pada buah nanas inilah yang dapat menumbuhkan rambut atau sebagai obat  penumbuh rambut.

Cara membuat masker nanas :

  1. Pilihlah buah nanas yang segar satu atau dua buah.
  2. Kupas buah nanas dan cuci dengan air.
  3.  Setelah dicuci potong buah nanas.
  4.  Haluskan buah nanas dengan cara memblendernya menjadi jus.
  5. Hasil dari jus buah nanas tuangkan dalam wadah dan diamkanlah buah nanas satu malam diruangan terbuka.
  6. Setelah semalaman mendiamkan buah nanas kemudian bilaskan pada rambut sebagai masker.
  7. Bungkus rambut dengan handuk atau showercup diamkan untuk jangka waktu 30 menit.
  8. Bilas rambut dengan air hangat, bisa juga mengaplikasikan shampo untuk mencuci rambut. Apabila Anda memiliki masalah dengan rambut rontok Anda bisa menggunakan KAMINOMOTO HAIR GROWTH ACCELERATOR.

Untuk perawatan menggunakan masker buah nanas sebaiknya lakukan 3 kali dalam seminggu. Hal ini membuktikan cukup sederhana, dan tanpa mengeluarkan uang yang banyak untuk memicu pertumbuhan rambut kita yang dapat anda lakukan dirumah.