Merawat Kuku Agar Terlihat Bersih Dan Mengkilat

Kuku merupakan bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku adalah bagian terkeras dari tubuh karena mengandung air yang sangat sedikit. Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 sampai 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh panas tubuh.

Merawat Kuku Agar Terlihat Bersih Dan Mengkilat

Cara merawat kuku dapat menggunakan bahan alami, atau bisa juga pergi ke tempat perawatan agar menghasilkan keindahan yang maksimal. Namun tidak semua orang dapat pergi ke tempat perawatan, karena sibuk dengan aktivitas, atau belum mempunyai uang untuk pergi ke tempat tersebut. Perawatan kuku dapat juga dilakukan menggunakan cara yang alami tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Pasalnya, bahan-bahan yang dibutuhkan juga banyak terdapat di sekitar Anda.

Kuku yang sehat biasanya lebih kuat dan tentunya tidak mudah mengelupas, gunakan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitar kita untuk perawatan kuku supaya terlihat bersih dan mengkilat :

Merawat Kuku menggunakan Blimbing Wuluh

Warna hijau serta asam yang mencekat ini bisa menjadikan kuku terasa lebih bersih apalagi pada sela-sela kuku dan tentunya membuat kuku menjadi mengkilap. Bermanfaat sebagai pembersih kotoran di sela-sela kuku dan kulit luar sekaligus menguatkan kuku. Cukup dengan menggosokkan potongan blimbing wuluh pada kuku yang mau dibersihkan, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Perbanyak minum air putih dapat berfungsi untuk menguatkan kuku

Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalam dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agar Kuku menjadi tidak kering.

Minum susu dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk memperkuat kuku

Manfaatnya untuk memperkuat kuku. Seperti makanan yang terbuat dari susu dan keju, ikan pari dan ikan sarden, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran seperti brokoli, kangkung, bayam dsb, buah seperti apel merah, strawbery, pepaya, nanas, mangga, alpukat, anggur, manggis dsb.

Lidah buaya untuk perawatan kuku

Selain untuk merawat rambut, ternyata lidah buaya juga dapat digunakan untuk merawat kuku. Caranya, bersihkan lidah buaya dan oleskan secara merata di kuku Anda. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kuku akan terlihat lebih cantik dan bening.

Getah Pepaya dapat digunakan sebagai pembersih kuku

Bagus sekali digunakan untuk membersihkan kulit di luar kuku supaya tidak mudah pecah dan mengelupas.

Kulit Semangka untuk perawatan kuku Anda

Setelah makan semangka sudah pasti kulitnya kita buang, tetapi sekarang kulitnya kita gunakan untuk perawatan kuku. Hanya dengan menggesekkan kulit semangka pada kuku dan diamkan hingga air semangka yang ada di kuku mengering. Lalu bersihkan dan lap kuku Anda.

Lemon (jeruk nipis) digunakan sebagai perawatan kuku

Jeruk mempunyai kandungan Vitamin C yang banyak sekali. Dan jeruk dapat digunakan untuk merawat kulit dan bisa juga menjadikan kuku supaya kelihatan lebih indah. Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa irisan jeruk nipis ke bagian permukaan kuku dan diamkan beberapa waktu. Setelah menggunakan cara ini, kuku akan lebih kelihatan bersih dan mengkilap. Selain itu dapat juga menghilangkan kekuningan pada kuku akibat cat kuku yang tidak benar.

Bawang putih dapat digunakan untuk memperkuat kuku

Bawang putih dikenal sebagai bumbu masakan, namun disini kita alih fungsikan untuk ramuan kuku. Bawang putih terbukti bisa membuat kuku lebih kuat dan tidak mudah patah. Hal ini telah dicoba dan ternyata sangat berbeda dengan orang yang tidak menggunakan cara ini. Caranya, parut bawang putih sampai halus, dan oleskan pada kuku. Tunggu beberapa menit, setelah itu bersihkan kuku. Bisa juga hanya cukup menancap-nancapkan bawang putih ke kuku Anda dan menggosokkannya di bagian atas kuku. Lakukanlah cara ini berulang-ulang untuk memperoleh hasil kuku yang tidak rapuh dan semakin kuat secara maksimal.

Campuran madu, telur, dan minyak zaitun sebagai pelembut kuku

Jika memiliki kuku kering dan kurang nutrisi, gunakan tips ini. Caranya, campurkan dua sendok makan madu dan minyak zaitun dalam panci. Panaskan dan aduk sampai tercampur rata, kemudian siapkan kocokan telur. Campurkan adonan madu dan minyak zaitun dengan kocokan telur, oleskan pada kuku hingga merata dan tunggu 10 sampai 15 menit, kemudian bersihkan kuku Anda.

Selamat mencoba cara-cara merawat kuku di atas dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda. :)


Tags: , ,