Masker Jerawat

Jerawat (acne) Adalah salah satu masalah kulit yang diakibatkan dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat berbentuk bintik-bintik kecil yang semakin membengkak dan bernanah. Jerawat juga bisa muncul akibat dari membengkaknya komedo pada kulit Anda. Komedo yang banyak dan kulit wajah yang kurang terawat kebersihannya akan memunculkan jerawat.

masker-jerawat

Ada dua jenis jerawat yang perlu Anda ketahui. Jerawat ringan yang hanya memiliki sedikit bintik-bintik merah atau pimples, dan jerawat parah dimana terdiri dari ratusan pimples yang menutupi kulit wajah, leher, dada dan punggung. Kedua jerawat tersebut akan mengalami pembengkakan, berwarna merah dengan ujung bernanah, dan rasanya sangat sakit jika Anda tidak segera mengobatinya.

Cara menghilangkan jerawat pun sangat beragam. Anda bisa menggunakan cara medis hingga cara tradisional dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Menggunakan cara medis dengan berkonsultasi ke dokter kecantikan adalah salah satu cara menghilangkan jerawat yang simpel dengan biaya yang lumayan mahal. Dokter tersebut akan memeriksa kondisi jerawat dan jenis kulit Anda sebelum mengobati jerawat Anda. Biasanya setelah menggunakan cara ini akan ada saat dimana kulit wajah Anda akan muncul banyak jerawat, hal ini adalah salah satu tahap penghilang jerawat.


Cara kedua yaitu dengan memakai produk kecantikan masker jerawat. Masker jerawat yang dimaksud disini juga bisa Anda terapkan dicara tradisional. Perbedaannya adalah menggunakan produk kecantikan masker jerawat lebih praktis dibandingkan dengan masker jerawat tradisional karena Anda tidak perlu meraciknya terlebih dahulu. Namun Anda perlu berhati-hati dalam memilih produk kecantikan penghilang jerawat yang baik karena Anda harus menyesuaikan dengan kondisi kulit Anda terlebih dahulu.

Jika Anda sudah menemukan cara menghilangkan jerawat yang cocok, maka langkah selanjutnya adalah Anda harus mencegah jerawat tersebut muncul kembali, beberapa cara diantaranya adalah :

  1. Cucilah kulit sekali atau dua kali sehari dengan sabun lembut khusus wajah atau sabun jerawat. Hal ini untuk menjaga kulit Anda tetap bersih agar polusi dan minyak berlebih pada wajah berkurang.
  2. Menghindari produk-produk kecantikan kulit yang dapat menyumbat pori-pori. Yang dimaksud disini adalah Anda harus menghindari produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.
  3. Gunakan produk kecantikan yang "noncomedogenic (tidak menyebabkan komedo). Anda bisa melihat di kemasan produk, menanyakan kepada penjual atau berkonsultasi terlebih dahulu dengan donter kecantikan.
  4. Hindari menggosok (scrub) atau mencungkil pimples. Hal ini akan memunculkan bekas jerawat pada wajah Anda dan membuat penampilan Anda terlihat kurang menarik.

Tags: , ,