Manfaat Kopi Untuk Diet Dan Kesehatan

images

Obesitas atau kelebihan berat badan sebenarnya sangat merugikan karena selain memperburuk penampilan juga dapat mengundang datangnya berbagai macam penyakit. Oleh karena itu, banyak cara yang ditempuh untuk menurunkan berat badan, di antaranya dengan diet ketat dan olah raga keras. Gaya hidup modern telah memicu terjadinya banyak kasus obesitas, terutama di kota-kota besar. Beberapa orang merasa keberatan dengan cara-cara seperti ini karena sangat menyiksa. Jika anda adalah salah satunya, maka cara yang satu ini dapat anda pertimbangkan.

Diet kopi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan lemak dengan memasukkan lebih banyak kopi pada daftar menu diet anda. Seperti yang kita ketahui, kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan laju metabolisme hingga hampir 10%. Hal ini berarti tambahan pembakaran kalori sebanyak 200-300 kalori, tentunya tergantung pada metabolisme anda. Sebenarnya, penggunaan kafein untuk diet sudah bukan hal baru lagi, sebagian besar suplemen pembakar lemak komersial untuk menurunkan berat badan ternyata menggunakan kafein sebagai bahan utama. Sementara The Australian Institute of Sport Team yang melakukan sebuah penelitian tentang kopi menyebutkan bahwa kafein pada kopi dapat memicu otot untuk menggunakan lemak untuk menambah energi tubuh.

Penelitian lain juga dilakukan oleh para peneliti dari University of Pittsburg yang menyatakan bahwa kafein memiliki kemampuan untuk melepaskan lemak dari jaringan adiposa sehingga lemak bisa lebih mudah dibakar.

Hal ini cukup baik sekali untuk mendukung program diet seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Adapula yang menyebutkan bahwa kopi juga dapat meningkatkan kualitas sperma pria.

Namun terlepas dari semua manfaat tersebut, kembali lagi pada bagaimana cara kita mengonsumsi kopi dengan baik. Asalkan, Anda bisa memastikan manfaat kopi untuk kesehatan tidak sia-sia karena kebiasaan mengonsumsi kopi yang salah.

Berikut adalah beberapa manfaat kopi:

1. Kaya antioksidan Kopi yang sarat dengan antioksidan, termasuk flavonoid dan asam chlorogenic , yang membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Kopi juga mengandung magnesium, kalium, niasin, dan kolin, dan merupakan sumber yang baik dari vitamin B2 atau riboflavin.

2. Meningkatkan mood Perempuan yang secara teratur minum kopi berkafein, kemungkinannya terkena depresi 20 persen lebih jarang dibandingkan dengan mereka yang hanya minum sedikit atau tidak sama sekali, kata para peneliti Harvard. Ini mungkin disebabkan "perasaan baik" karena bahan kimia dopamin dan serotonin yang dilepaskan oleh kafein ke dalam otak.

3. Menurunkan risiko diabetes tipe 2 Penelitian terbaru menunjukkan bahwa minum 3-4 cangkir kopi sehari mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen. Hal ini diyakini karena asam chlorogenic dan trigonelline dalam kopi yang memberikan aroma yang enak serta membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Lalu bagaimana cara memaksimalkan manfaat kopi tersebut?

Tahu batas Para ahli merekomendasikan konsumsi 300 - 400 mg kafein per hari untuk orang dewasa yang sehat. "Itu kira-kira tiga espresso atau lima cangkir kopi instan," jelas pakar diet Kate Gudorf, yang juga juru bicara untuk asosiasi ahli gizi dari Australia. "Bila lebih dari itu, mungkin malah dapat menghilangkan manfaatnya. Anda juga jadi mudah marah, cemas, sakit kepala, dan gangguan tidur, yang dapat memiliki konsekuensi negatif untuk kesehatan Anda. "

Perhatikan tambahannya Menambahkan "penyedap" seperti gula, whipped cream , dan sirup rasa (seperti caramel atau hazelnut) tidak akan mengurangi manfaat kesehatan dari kopi, kata Gudorf, tetapi dapat meningkatkan ukuran lingkar pinggang Anda. "Anda masih akan mengonsumsi antioksidan, tetapi dengan tambahan gula dan lemak jenuh," katanya. "Misalnya, latte penuh lemak dengan satu sendok teh gula tiga kali sehari bisa mengandung lemak jenuh sebanyak burger."

Pilih kopi instan jika kolesterol tinggi Kopi mengandung cafestol dan kahweol, minyak yang meningkatkan kadar kolesterol buruk. Metode pembuatan kopi yang menggunakan kertas atau filter logam halus akan menghilangkan minyak tersebut. The Heart Foundation merekomendasikan bahwa orang dengan masalah kolesterol lebih baik minum kopi yang telah disaring daripada kopi yang belum disaring. Jadi, minumlah kopi instan, atau kopi yang dibuat dengan mesin espresso.

Coba dark roast jika perut sensitif Dark roasted coffee , atau kopi yang dipanggang dengan suhu sangat tinggi, akan menghilangkan citarasa kopi yang tidak diinginkan, misalnya kadar asamnya. Namun, keunikan citarasa kopi pun bisa berkurang. Itu sebabnya, kualitas kopi dark roast sering dikatakan di bawah kopi light roast . Hanya saja, kopi dark roast mungkin akan lebih "bersahabat" untuk perut karena mengandung zat yang membantu untuk mengurangi rasa asamnya, kata peneliti dari Austria dan Jerman. Kopi jenis ini juga mengandung lebih sedikit kafein. Jika terasa sedikit mulas, pilih caffe latte alias kopi susu saja, karena susu dapat membantu meredakan rasa mulas.