Manfaat Kacang Kedelai bagi Tubuh dan Kulit

Selain mengandung kadar protein tinggi, lezat, dan mudah dicerna, kedelai juga mengandung Isoflavon. Kebanyakan orang mengetahui, kacang kedelai berprotein tinggi. Tetapi banyak orang tidak mengetahui bahwa kedelai adalah sumber utama isoflavon, yang terbukti mempunyai manfaat bagi tubuh dan kulit.

Manfaat Kacang Kedelai bagi Tubuh dan Kulit

Isoflavon juga mengandung phytoestrogen, yaitu zat yang sesuai dengan hormon estrogen. Saat dikonsumsi dengan teratur, bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi efek penuaan dini. Isoflavon bisa menjaga keseimbangan hormon dan sebagai antioksidan, jadi bisa meningkatkan kelembaban di kulit Anda. Struktur kimia isoflavon dan estrogen itu hampir sama. oleh karena itu, isoflavon sering disebut sebagai pengganti estrogen alami atau fitoestrogen. Kandungan isoflavon dalam kedelai efektif diserap oleh tubuh manusia. Isoflavon adalah estrogenik, bermanfaat untuk meningkatkan hormon estrogen. Dengan demikian, asupan tinggi kedelai bermanfaat bagi mereka yang sudah menopause. Khasiat isoflavon kedelai telah dibuktikan melalui penelitian ilmiah. Sebuah penelitian melibatkan 26 wanita berusia 30 sampai 40 tahun, mengungkapkan bahwa konsumsi isoflavon selama 3 bulan bisa mencegah keriput bertambah parah dan meningkatkan elastisitas kulit.

Fungsi dari isoflavon tidak hanya untuk mengurangi kerutan pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen, namun juga memiliki banyak manfaat, yaitu :

  1. Meningkatkan metabolisme lemak dan dapat mengontrol berat badan.
  2. Mengurangi produksi estrogen dalam tubuh selama menopause jadi mampu menghambat laju penuaan dini.
  3. Membantu mencegah Osteoporosis.
  4. Membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Tags: , ,