Makanan Penyebab Selulit

Makanan Penyebab Selulit

Selulit adalah lemak berlebih yang terletak langsung di bawah kulit. Banyak orang mengira selulit hanya dialami bagi orang-orang yang memiliki berat badan lebih dari ideal (kelebihan berat badan). Kenyataannya, bahkan orang kurus pun memiliki kemungkinan mengalami selulit.  Selulit dapat melanda pria maupun wanita. Selain itu, faktor genetik menjadikan beberapa orang lebih rentan untuk memiliki selulit yang terlihat, namun hal ini dapat dicegah. Faktor makanan tertentu yang dikonsumsi lebih berpotensi menyebabkan seseorang untuk mendapatkan selulit.

Apa saja makanan penyebab selulit?

  1. Lemak Ada berbagai jenis lemak dalam makanan yang kita makan. Beberapa merupakan lemak "baik" dan beberapa tergolong lemak yang "buruk". Lemak jenuh adalah lemak yang buruk dan dapat menyebabkan selulit dan meningkatkan risiko penyakit yang bermacam-macam. Lemak jenuh terutama ditemukan dalam produk hewani, seperti daging merah, mentega, dan produk susu utuh seperti krim, dan juga minyak kelapa sawit serta santan.
  2. Makanan cepat saji Tidak ada manfaat kesehatan yang didapat dengan mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food. Bahkan bukan merupakan makanan yang sesungguhnya. Junk food merupakan makanan buatan, tinggi kandungan kimia yang diproduksi. Seringkali penuh dengan lemak trans dan lemak jenuh serta gula. Tubuh tidak dapat mengenali bahan kimia buatan yang digunakan untuk memproduksi junk food dan karena itu tidak dapat mencerna makanan dengan benar, sehingga menyebabkannya disimpan dalam tubuh sebagai lemak dan menjadi selulit. Intinya bahwa junk food, seperti keripik kentang, permen, pizza dan kentang goreng, menyebabkan selulit.
  3. Alkohol Alkohol merupakan penyebab selulit. Oleh karena alkohol tidak mudah dicerna oleh tubuh, meminum alkohol lebih dari satu takaran dapat menyebabkan tubuh untuk menyimpan alkohol sebagai lemak dan selulit. Alkohol juga tinggi kalori dan racun yang tidak sehat bagi tubuh. Alkohol dapat mengeringkan tubuh dan menyebabkan kulit kehilangan elastisitas sehingga membuat selulit lebih terlihat. Selain itu, alkohol meningkatkan kadar lemak dalam darah dan dapat menyebabkan sirkulasi yang buruk.

Apa yang Harus Anda Makan? Asam lemak esensial sangat penting jika Andamemiliki tujuan untuk mengurangi atau mencegah selulit. Asam lemak esensial sehat bagi tubuh karena berfungsi menjaga sel-sel agar fleksibel dan kuat. Ketika sel-sel kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya, saat itulah selulit mulai muncul.

Penting juga untuk minum setidaknya delapan gelas air sehari untuk membantu menjaga seluruh tubuh dari kekeringan dan untuk membuang setiap racun yang didapat saat mengkonsumsi makanan.


Tags: , , , , ,