Kenali Penyebab Rambut Rontok Yang Terjadi Pada Anda

images (5)

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang sering dikhawatirkan oleh kaum perempuan, akan tetapi rambut rontok tidak hanya terjadi para wanita akan tetapi ancaman kebotakan akibat rambut rontok juga merupakan masalah besar bagi kaum pria.

Ada beberapa alasan untuk rambut rontok seperti usia dan ketidakseimbangan hormon. Ketidakteraturan menstruasi, kadar testosteron alami yang lebih tinggi, pra dan pasca menopause, pil KB, kehamilan, stres, sakit, demam juga dapat memicu kerontokan rambut pada wanita.

Penyebab rambut rontok dapat disebabkan dari 2 faktor, yaitu faktor eksternal dan internal :

1. Faktor Eksternal

Gaya Rambut : Faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah sering mengubah-ubah gaya rambut. Untuk itu pastikan terlebih dahuku kesehatan rambut anda sebelum anda mengubah gaya rambut. Karena beberapa gaya rambut dapat menyebabkan rambut menjadi tertarik hingga akarnya. Selain itu juga dapat membuat rambut lebih cepat rapuh dan mudah patah.

Bahan Kimia : Penggunaan bahan kimia untuk mewarnai, meluruskan dan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut menjadi rusak jika digunakan secara berlebihan dan tidak tepat dalam menggunakannya. Selain itu penataan rambut dan mengikat rambat secara berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok dan rusak.

Radikal Bebas : Radikal bebas adalah zat beracun yang dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada umumnya radikal bebas berasal dari polusi dan asap-asap beracun. Akibatnya kulit menajdi keriput, munculnya bintik-bintik hitam pada wajah dan rambut menjadi lebih cepat rontok.

2. Faktor Internal

Keturunan : Faktor internal penyebab terjadinya rambut rontok adalah dikarenakan faktor keturunan. Hal tersebut dapat disebabkan jika salah satu dari orang tua memiliki gen yang dapat menyebabkan rambut rontok, sehingga hal itu dapat diturunkan pada anak-anak mereka. Biasanya hal tersebut dapat diketahui dengan cara memeriksakan diri pada ahli kulit.

Hormon : Hormon yang tidak seimbang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Sehingga terkadang ibu yang sedang hamil atau mengandung biasanya akan mengalami ketidakseimbangan horon yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok yang cukup parah.

Stres : Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya rambut menjadi lebih mudah rontok ketika sedang mengalami hal yang dapat menyebabkan stres. Pada saat mengalami stres rambut menjadi lebih cepat rontok dibandingkan pada saat-saat biasa.

Penyakit : Penyakit diabetis dan lupus dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut.

Berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk anda :

1. Yoghurt : Bahan ini cukup efektif untuk mengatasi rambut rontok. Caraya yakni gunakan yoghurt sebagai masker rambut anda. Lakukan setiap minggu sekali.

2. Buah alpukat : Anda dapat membuat pasta dari buah alpukat untuk selanjutnya dioleskan/diusapkan pada rambut anda. Cara membuat pastanya yakni hancurkan buah alpukat hingga kental, nah setelah itu baru usapkan pada akar hingga ujung rambut anda. Diamkan 20 menit lalu bersihkan menggunakan shampo.

3. Kemiri : Ternyata kemiri mempunyai khasiat untuk memperbaiki serta memperkuat rambut anda. Cara menggunakannya yakni kemiri ditumbuk kasar dan jangan sampai halus, kemudian sangrai kemiri tersebut. Setelah disangrai barulah kemiri ditumbuk hingga halus sampai mengeluarkan minyak. Nah gunakanlah minyak kemiri tersebut untuk creambath. Dan yang terakhir yakni gunakan shampo untuk membersihkan rambut anda.

4. Lidah buaya : Cara menggunakannya yakni basahi terlebih dulu rambut anda, tunggu sampai setengah kering, kemudian oleskan daging beserta gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut anda. Anda dapat sambil memijit kepala secara perlahan, setelah itu diamkan sekitar 15 menit dan bilas rambut sampai bersih menggunakan air.