Kenali Penyebab Garis Halus Pada Mata Dan Cara Mengatasinya

mask-eye-wrinkle

Seiring dengan bertambahnya usia, muncul kerutan di sekitar wajah Anda. Terutama di sekitar mata. Hal ini adalah alami dan akan dialami oleh banyak orang.Keriput halus pada bagian sudut mata dan sekitar mata adalah satu-satunya kondisi kulit tidak mungkin disebabkan oleh faktor genetik melainkan dari penuaan yang dipercepat oleh kondisi lingkungan seperti matahari dan juga gaya hidup.

Semakin bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen, elastin serta hyllaruic acid yang membuat wajah terlihat tua. Selain itu bagian tercepat pada kulit wajah yang mengalami kehilangan lemak adalah bagian mata. Keadaan ini dikombinasikan dengan gerakan wajah seperti tersenyum dan tertawa, serta sinar matahari, inilah yang menyebabkan timbulnya kerutan pada mata.

Ada beberapa faktor penyebab munculnya kerutan pada mata Anda:

  1. Tipisnya kulit di sekitar mata sehingga memiliki resiko mudah rusak akibat radiasi sinar ultraviolet, iritasi dan faktor lingkungan lainnya.
  2. Sedikitnya kandungan kelenjar minyak pada kulit di sekitar mata yang disebabkan oleh tipisnya kulit di sekitar mata. Padahal kelenjar minyak ini berfungsi melembabkan kulit di sekitar mata.
  3. Menyempitnya pembuluh darah di sekitar mata akibat proses penuaan sehingga mudah terlihat di wajah.
  4. Sedikitnya kandungan kolagen di lapisan kulit sekitar mata karena kulit di sekitar mata termasuk kurang elastis.
  5. Tipisnya lapisan lemak di kulit sekitar mata sehingga menyebabkan tidak terasa kenyal jika ditekan.
  6. Kurangnya perawatan kulit di sekitar mata.
  7. Mata banyak berkedip sehingga terbentuk garis-garis halus dan kerutan di sekitar mata.

Pertama-tama yang harus dilakukan untuk mencegah kerutan di area mata adalah hindari berada di bawah sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama. Inilah penyebab datangnya keriput nomor satu dengan membawa dampak bermacam-macam pada wajah. Kalian harus memproteksi kulit kalian dari paparan sinar matahari secara langsung.

Minum banyak air Kekurangan air merupakan penyebab utama kedua dtangnya keriput pada wajah Anda. Supaya tetap lembap dan elastis, kulit wajah membutuhkan asupan air yang cukup. Kalau asupan air kurang maka sel akan mulai kehilangan elastisitasnya dan pada akhirnya akan mengakibatkan datangnya keriput dan garis halus di wajah.

Berhenti merokok Merokok adalah penyebab penuaan dini pada kulit terutama dengan mengurangnya pasokan darah dan nutrisi terhadap kulit. Hal ini bisa mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya. Jika Anda merokok, sikap seperti memicingkan mata guna menghindari asap rokok dan menghisap rokok di mulut juga bisa mendatangkan kerutan dini di ujung mata dan bibir.

Cukup tidur Ketika tidur kita kurang, tubuh akan memproduksi cotisol yang sangat banyak, hormon yang memecah sel kulit. Cukup istirahatlah maka tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon pertumbuhan yang membantu kulit tetap tipis dan elastis.

Makan makanan bergizi Makan banyak vitamin yang dihasilkan dari buah-buahan dan sayuran segar atau kacang-kacangan dan biji-bijian sangat efektif sebagai makanan pembantu anti penuaan.

Disamping itu gunakanlah sunscreen dan biasakan itu setiap kali akan pergi ke luar rumah. Oleskan paling tidak 20-30 menit sebelum keluar rumah, setelah itu oleskan kembali setelah beberapa jam kemudian.