Kembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pasca Melahirkan Hanya Dalam Satu Bulan

Sering kali banyak orang bertanya – tanya, mengapa saat dahulu menikah tubuh saya sangat ideal, namun setelah pasca melahirkan justru sangat mengalami kegemukan yang tiba – tiba? Anda tidak perlu khawatir mengenai perubahan bentuk tubuh anda, karena hal ini sangat wajar terjadi pada ibu yang melahirkan.

Masalah ini timbul saat anda mengandung, salah satu penyebabnya adalah kalori yang tidak seimbang. Pada masa mengandung janin, ibu hanya bisa melakukan aktivitas standar dan tidak boleh berlebih sehingga menyebabkan asupan energi (kalori) yang dimasukan ke dalam tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan energi yang dikeluarkannya.

 

Kembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pasca Melahirkan 1

Berikut ini beberapa penyebab asupan kalori tidak seimbang :

1. Pola Makan Yang Berubah

Saat ibu mengandung banyak hal yang terjadi perubahan diantaranya asupan makanan yang selalu bertambah banyak. Penyebabnya adalah nutrisi janin juga memerlukan sebuah nutrisi sehingga pada ibu melahirkan ada dua nutrisi yang dibutuhkan diantaranya ibunya sendiri dan si janin. Nafsu makan juga berubah, yang semula hanya 1 kali lipat saat mengandung janin berubah menjadi dua kali lipat bahkan lebih.

Apakah ini wajar? Iya wajar, anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini karena bukan kepentingan diri anda sendiri melainkan kepentingan si janin juga, agar tumbuh kembang dengan sempurna.

2. Kurang Tidur

Jangan menganggap saat mengandung janin, pola tidur anda akan tetap seperti biasanya. Saat ibu mengandung, tidurnya akan larut malam dan tidak wajar, penyebabnya adalah melonjaknya nafsu makan yang tiba – tiba belum ditambah lagi ngidam.

3. Diabetes

Bila anda memiliki penyakit diabetes, maka kegemukan sudah mejadi hal yang lumrah bahkan meski melakukan diet setelah pasca melahirkan dengan ekstrim sekaligus. Penyakit ini akan membuat diri anda selalu lapar saat mengandung janin dan biasanya menyebabkan resiko penyakit keturunan pada janin anda.

4. Kurang Bergerak

Penyebab kurang bergerak sudah menjadi hal lumrah, karena pada masa ibu mengandung disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan. Janin yang semakin besar dan bertambah berat juga dapat menyebabkan seorang ibu mengalami keletihan sehingga harus terbaring di kamar.



7 Cara Kembalikan Bentuk Tubuh Pasca Melahirkan Dengan Aman, Hanya Perlu Waktu 1 Bulan

Menurunkan berat badan dan memiliki bentuk tubuh ideal setelah melahirkan merupakan keinginan semua ibu. Kegemukan pasti terjadi setelah pasca melahirkan, namun hal yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh terburu buru karena beberapa kondisi lain yang membahayakan bayi anda. Berikut ini 7 cara mengembalikan bentuk tubuh ideal setelah melahirkan dan tentunya aman :

1. Tetaplah Menyusui

Ingat jangan melakukan diet seperti mengurangi asupan makanan pada diri anda. Menyusui adalah cara aman menurunkan berat badan sekaligus sebagai penutrisi anak. Seorang ibu akan memproduksi hormon yang dapat menurunkan berat badan, dan mengembalikan tubuh seperti semula, dengan menyusui tubuh ibu sudah membakar 300 hingga 500 kalori / hari yang setara dengan lari 1 jam.

 

ibu-menyusui-bayi

2. Pilih Makanan Yang Bergizi Dan Rendah Lemak

Banyak makanan yang bergizi untuk ibu pasca melahirkan contohnya sayuran, susu, daging kambing, ikan lele, tempe, tahu, dan kacang – kacangan. Alasan utama mengkonsumsi makanan bergizi adalah untuk menyalurkan nutrisi pada bayi, tanpa menambah berat badan anda.

 

makanan-sehat-ibu-menyusui

3. Mengasuh Bayi Anda Dengan Baik

Banyak yang tidak disadari oleh seorang ibu tiba tiba kurus seketika dalam satu bulan, penyebabnya adalah mereka telah mengeluarkan keringat saat mengasuh bayi. Beberapa diantaranya seperti menggendong bayi, memainkan bayi, memanjakan, memandikan, menidurkan dan masih banyak lagi.

Aktivitas sederhana ini memang dapat menyita waktu yang cukup banyak, namun hasil yang di dapat juga banyak baik dari diri sendiri maupun si bayi.

 

640xauto-10-cara-mudah-kembali-langsing-setelah-melahirkan-1312069-2

4. Mengajak Bayi Berjalan Jalan Di Luar Rumah

Ternyata dengan mengajak bayi keluar rumah, dapat mengeluarkan timbunan lemak dan kalori yang tersimpan dalam tubuh. Mengendong bayi merupakan olahraga ekstrim, menurut pendapat dari forum ibu balita, sekitar 95% bentuk ideal dapat diperoleh dengan cara sederhana ini dan membakar kalori hingga 700 lebih. Cobalah ajaklah jalan di pagi hari dan sore karena pada jam demikian tidak panas dan juga tidak dingin.

 

jalan-jalan-dengan-bayi

5. Hindari Makanan Junk Food

Untuk memberikan hasil yang terbaik, sebaiknya hindari makanan junk food. Meski hanya mencicipi saja dapat mengakibatkan 30% program diet anda tidak berhasil dengan sempurna, bagaimana dengan memakannya? Tentu program diet anda akan sia – sia.

 

Kembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pasca Melahirkan junk-food

6. Senam

Senam memang sangat disenangi oleh kalangan ibu – ibu, selain dapat meningkatkan energi,  juga dapat memberikan pembakaran lemak yang tidak sedikit. Lemak pada perut dan pinggul semakin hari semakin mengempes. Banyak senam yang ditawarkan dalam ibu pasca melahirkan seperti senam aerobik, poco – poco dan SKJ.

 

senam Kembalikan Bentuk Tubuh Ideal Pasca Melahirkan

7. Renang

Renang memang terbukti dapat menurunkan berat badan 7.5 Kg, namun berenang tidak semudah pada umumnya. Kendala utamanya adalah harus rutin selama satu bulan untuk berenang sehingga menyebabkan waktu tersita cukup banyak. Bagi anda yang memiliki kolam renang sendiri memang menjadi sebuah keberuntungan.

Perhitungan kalori yang dikeluarkan sebagai berikut :

7.5 kilogram = 16, 535 pon

16.535 pon x 3500 kalori = 57,872 kalori

Berenang selama satu jam 57.872 : 350 = 165,35 kali, disimpulkan bahwa berenang selama :

  1. 1 jam membutuhkan 165 – 166 hari (5 bulan) untuk turun 7.5 kg
  2. 2 jam membutuhkan 83 hari ( 3 bulan) untuk turun 7.5 kg
  3. 3 jam membutuhkan 55 hari untuk turun 7.5 kg
  4. 4 jam membutuhkan 20 hari untuk turun 7.5 kg

 

renang

Tips Tambahan Agar Super Cepat Menurunkan Berat Badan Kurang Dari 1 Bulan

Bila anda terburu buru mendapatkan tubuh yang ideal setelah pasca melahirkan yang aman, kami juga memiliki tips. Silahkan baca selengkapnya di halaman Pelangsing Tubuh