Jenis Pil KB untuk Pengobatan Jerawat

Perawatan Kulit Berjerawat

Meskipun ibu-ibu maupun remaja wanita seringkali khawatir tentang efek samping negatif dari pil KB yang mengontrol kelahiran, mereka terkejut ketika mengetahui bahwa pil KB juga dapat memiliki efek samping yang positif. Salah satu efek positifnya adalah mengurangi munculnya jerawat. Berikut penjelasan antara kaitan bagaimana hormon dapat mengontrol jerawat dan pil terbaik untuk kulit yang lebih mulus bebas jerawat.

  1. Testosteron dan jerawat. Tingginya kadar testosteron menyebabkan tubuh wanita untuk memproduksi sebum, minyak alami kulit, dalam jumlah yang berlebih. Terlalu banyak minyak dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.
  2. Pil KB dan jerawat. Pil KB  meningkatkan kadar hormon estrogen dan mengurangi jumlah kadar hormon testosteron dalam tubuh wanita. Testosteron yang rendah menyebabkan penngurangan produksi sebum, yang akhirnya mengurangi penyebab jerawat.
  3. Jenis Pil KBB untuk Pengobatan Jerawat. Kebanyakan Pil KB dapat mengurangi jerawat, namun pil KB pada beberapa merek dengan formulasi tertentu yang mengandung hormon progestin justru dapat membuat jerawat lebih buruk. Merek disetujui oleh FDA sebagai pengobatan jerawat adalah Ortho Tri-Cyclen, Estrostep dan Yaz.
  4. Bahan Pertimbangan Dokter biasanya merekomendasikan pasien jerawat untuk mencoba perawatan jerawat yang lebih tradisional seperti menggunakan pembersih khusus jerawat sebelum beralih ke pil KB. Setelah metode lainnya telah gagal, dokter lebih mungkin untuk menganjurkan pengobatan hormon untuk menggatasi masalah jerawat.
  5. Peringatan! Tidak semua wanita cocok mengatasi masalah jerawat dengan terapi pengontrolan hormon. Contohnya, dokter bisa saja melarang penggunaan pil KKB bagi wanita dengan tekanan darah tinggi atau pasien dengan riwayat keluarga yang menderita kanker jenis tertentu.

Tags: ,