Ini Dia Makanan Pemicu Bau Badan Tak Sedap

Pernah nggak sih kita bertemua seseorang yang menarik, cantik, tampan, charming... tapi ketika kita berinteraksi secara dekat dan langsung dengannya... uhmmm... ilfeel. Kenapa? Karena bau badannya tidak sedap!

Masalah bau badan adalah masalah yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebab banyak sekali kasus pemilik masalah bau badan yang gagal di dalam hubungan sosial atau hubungan kerja karena permasalahan yang satu  ini.

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan timbulnya masalah bau badan tak sedap ini. Selain kebersihan tubuh, faktor hormon disebut-sebut juga memicu timbulnya masalah bau badan.

Nah, berbicara tentang hormon, pasti berkaitan erat pula dengan makanan yang kita konsumsi juga pola hidup serta tingkat stress seseorang.

Yuk kita intip, apa saja sih makanan-makanan yang konon memicu timbulnya masalah bau badan tak sedap!

Rempah-Rempah

Studi menyebutkan bahwa rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, dan bumbu kari mudah memicu terjadinya bau badan tak sedap. Hal ini disebabkan oleh gas sulfur yang dihasilkan ketika rempah-rempah tersebut dicerna dalam tubuh menguap ke luar bercampur dengan keringat dan bakteri.

Daging Merah

Daging merah membutuhkan waktu yang lama agar dapat tercerna sempurna dalam tubuh. Ketika makanan tidak tercerna, racun dan gas berbau busuk dilepaskan yang merupakan penyebab bau keringat.

Makanan Olahan & Junk Food

Konsumsi makanan olahan yang terlalu banyak garam/gula, tepung, minyak terhidrogenasi, dan sebagainya, cenderung akan membusuk di perut, sehingga memproduksi bau napas yang tidak diinginkan dan bau badan.

Zat Kolin

Zat yang terkandung dalam makanan-makanan yang kaya protein hewani seperti ikan, hati, susu, telur, juga di beberapa jenis kacang-kacangan dipercaya sebagai salah satu penyebab bau badan tak sedap. Bagi orang dengan metabolisme yang baik dan dapat mencerna jenis-jenis makanan ini, maka tidak menjadi masalah. Namun bagi orang yang metabolismenya kurang baik, makanan ini akan susah tercerna sehingga menyebabkan bau badan yang tak sedap.

Gorengan

Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu, dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk pula.

Itulah beberapa jenis makanan yang ditengarai menjadi pemicu bau badan tak sedap.

Namun, bagi anda yang memiliki masalah ini jangan khawatir ladies and gents...

Sebab, ada masalah, pasti ada solusi. Nah, apa saja sih solusi untuk mengatasi bau badan tak sedap?

Pertama-tama perbanyaklah mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari sesuai yang dianjurkan oleh para ahli. Kemudian, perbanyak pula konsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang kaya akan vitamin dan dapat membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh anda. Pola hidup yang teratur dan mengendalikan stress dalam diri anda juga akan berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan dan bau badan anda.

Ada baiknya juga anda yang memiliki permasalahan bau badan untuk menggunakan anti perspirant dan produk perawatan tubuh khusus untuk permasalahan bau badan, seperti sabun penghilang bau badan, atau lulur penghilang bau badan.

Satu lagi yang paling utama, jagalah kebersihan diri dengan mandi minimal dua kali sehari, juga berganti pakaian secara rutin agar bakteri yang menempel di pakaian anda tidak mengganggu aroma keringat anda.

Ketika permasalahan bau badan kita teratasi, lingkungan di sekitar kitapun akan ikut merasakan kenyamanan ketika berada di dekat kita. Percaya deh, menyenangkan diri sendiri dan orang lain tidak pernah buruk kok, ladies and gents.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Selamat mencoba!


Tags: , , , ,