Cek Kesehatan Mahkota Indahmu

Healthy-Hair

Menggunakan beberapa produk perawatan rambut seperti catokan, hairdryer, pengeriting rambut dan sejenisnya, bisa membuat rambut mengalami pelepasan kelembaban yang luar biasa. Belum lagi jika perawatan tersebut menggunakan zat kimia. Anda tak tahu kalau rambut Anda mulai menjerit kepanasan hingga kehausan.

Tes Kesehatan Rambut

Anda bisa melakukan sebuah percobaan sederhana untuk mengetes apakah rambut Anda menerima cukup protein atau malah kekurangan sama sekali. Caranya, cukup siapkan segelas air dan coba jatuhkan rambut Anda ke air tersebut.

Bila rambut tersebut mengambang, maka rambut Anda termasuk sehat. Namun bila rambut tersebut dengan cepat tenggelam ke dalam air, maka rambut Anda kekurangan protein dan kelembaban. Jangan khawatir bila rambut Anda mengalami kerusakan. Anda bisa mencoba beberapa saran di bawah ini.

Rambut Yang Kepanasan

Rambut yang rusak karena panas dari peralatan seperti hairdryer dan catokan, membutuhkan perawatan ekstra. Mulailah dengan kebiasaan baik seperti menggunakan kain untuk mengeringkan rambut (ditepuk, jangan diusap), menggunakan kondisioner atau hair mask.

Anda juga bisa melakukan terapi dengan menggunakan masker rambut tradisional seperti lidah buaya, alpukat, telur dan sebagainya. Hal ini mampu membantu menyembuhkan rambut ke kondisi alaminya.

Rambut Yang Terkena Bahan-Bahan Kimia

Rambut yang terkena bahan-bahan kimia bisanya sangat rapuh, kemerahan, dan kusam. Hal ini biasanya akibat penggunaan cat rambut atau obat-obatan yang digunakan untuk meluruskan maupun mengeriting rambut.

Coba lakukan steaming rambut seminggu sekali agar kondisioner atau hair mask Anda meresap dengan sempurna ke batang-batang rambut. Anda juga bisa melakukan deep conditioning untuk membuat rambut lebih lembab dan lembut.