Cara Mudah Menghilangkan Jerawat

Pengobatan Bekas Jerawat

Sebagian besar remaja mengalami masalah jerawat bahkan dalam kasus jerawat parah seringkali menyebabkan luka. Untungnya, ada beberapa pengobatan mudah yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mempercepat pengobatan jerawat.

Tahap persiapan Ketika akan memulai pengobatan, pastikan untuk mencuci tangan Anda terlebih dahulu. Kotoran dan bakteri dapat dengan mudah menyebar dari tangan ke wajah. Hal ini dapat menyebabkan masalah di kulit wajah dalam beberapa hari. Sebelum menerapkan pengobatan apapun pada wajah, lakukan pengujian kecil pada satu titik di kulit wajah untuk melihat apakah kulit memiliki reaksi terhadap bahan kimia atau bahan-bahan tertentu. Hal ini terutama penting bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Bahan/Komposisi Utama Pengobatan di rumah adalah cara yang paling aman dan paling efektif untuk membantu mengobati jerawat. Selain itu juga nyaman karena tidak memerlukan resep. Bahan-bahan yang digunakan sudah tersedia karena sangat umum dan murah untuk dibeli. Bahan-bahan yang umum digunakan dalam pengobatan rumah bisa berupa havermut, bawang putih hingga tablet aspirin. Bahan lain meliputi tomat, pasta gigi, pala, susu dan madu.

Pengobatan sederhana dapat berupa:

  • Masker Dari beraneka jenis masker wajah, terdapat salah satu jenis masker yang dapat membantu mengurangi ukuran jerawat. Sebaiknya masker saat digunakan tetap dibiarkan selama 10 hingga 15 menit. Beberapa wanita memilih untuk tidur dengan memakai masker. Namun, hal ini dapat menyebabkan iritasi bagi mereka yang memiliki kulit sensitif dan dapat menjadi berantakan di keesokan paginya. Masker wajah yang bisa Anda buat sendiri adalah masker bawang putih karena bawang putih mengandung sifat antibiotik. Masker ini juga aman untuk digunakan menghaluskan kulit. Untuk membuat masker, tumbuk bawang putih dan usapkan tumbukan bawang putih ke wajah. Biarkan masker tetap pada wajah selama 10 menit sebelum mencucinya. Aspirin mengandung BHA (beta hydroxy acid) yang dapat membuka pori-pori kulit. Tumbuk/giling tablet aspirin dan campur aspirin yang sudah berbentuk bubuk tadi dengan air. Campuran bubuk dan air dapat digunakan sebagai scrub atau masker wajah.
  • Scrub Pala tumbuk apabila dicampur dengan susu dapat menjadi scrub yang efektif untuk membantu mengurangi ukuran jerawat. Cukup giling pala, lalu campurkan dengan sedikit bubuk susu (cukup untuk membuat pasta), dan oleskan pasta pada wajah. Dengan kain lap yang bersih, lembut gosok campuran pasta ke wajah sebelum dicuci dengan air hangat.Siapkan mangkuk kecil, campur ¼ cangkir havermut mentah dengan susu hangat dan beberapa tetes madu. Campur bahan bersama-sama dan oleskan campuran ke wajah Anda. Biarkan masker meresap selama 5 menit dan bilas hingga bersih.
  • Pengobatan titik jerawat Pasta gigi dan lotion calamine keduanya memiliki sifat mengeringkan, dan dapat diterapkan pada jerawat untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan. Bila menggunakan pasta gigi, pilih pasta yang berwarna putih dan tidak memiliki rasa tambahan (seperti kayu manis atau vanili). Kedua pasta gigi dan lotion calamine dapat dibiarkan semalaman lalu dicuci hingga bersih keesokan paginya untuk pengobatan yang lebih efektif/maksimal.

Tags: ,