Cara Menghilangkan Bekas Luka

Pengobatan Bekas Luka Pada Kulit

Bekas luka adalah keluhan umum orang-orang dari segala usia. Proses untuk menghilangkan bekas luka pun cukup bervariasi, baik dari segi kemudahan maupun biaya, tergantung letak bekas luka, ukuran, jenis, maupun usia bekas luka tersebut.

Kami memperkenalkan pilihan tambahan mengenai pengobatan mudah untuk menghilangkan bekas luka yang bisa Anda coba. Anda cukup mempersiapkan vitamin E, baking soda, dan minyak zaitun. Berikut langkah-langkah pengobatan bekas luka:

  1. Hapus bekas luka saat mulai terbentuk dengan mengoleskan minyak vitamin E langsung ke jaringan luka yang sedang berada dalam tahap penyembuhan 2-3 kali sehari. Vitamin E mempercepat regenerasi kulit. Lakukan pijatan lembut agar membantu minyak meresap sehingga membantu jaringan baru untuk tumbuh normal tanpa membentuk seperti bekas luka terlihat. Pijatan atau gesekan kasar dan sering dapat meningkatkan potensi keloid/bekas luka yang timbul pada permukaan kulit.
  2. Pijat bekas luka dengan sedikit baking soda dan air untuk mengelupas lapisan atas kulit sehingga menghilangkan jaringan parut. Baking soda adalah bahan umum alami yang profesional dalam perawatan mikrodermabrasi. Pijat bekas luka dengan baking soda selama setidaknya satu menit, dua kali sehari. Bilas dengan air hangat dan kemudian oleskan lapisan tipis minyak zaitun untuk mempercepat peremajaan jaringan.
  3. Anda dapat membeli perawatan mikrodermabrasi atau mendapatkan perawatan di spa atau klinik kecantikan profesional untuk membantu menghapus bekas luka. Sementara kebanyakan orang akan membutuhkan beberapa perawatan khusus, mikrodermabrasi secara cepat akan menghapus lapisan luar kulit untuk mengurangi jaringan parut. Setelah mengelupas, biasanya kulit akan diberi krim khusus dan cairan yang untuk membantu meningkatkan kolagen dan elastis dan mempromosikan pertumbuhan yang sehat dari jaringan. Untuk bekas luka ringan, di rumah perawatan mungkin cukup, namun bekas luka yang lebih besar akan membutuhkan chemical peeling yang mendalam yang hanya dapat dilakukan oleh para profesional terlatih.
  4. Menghilangkan bekas luka dengan menggunakan laser secara pasti memang menghabiskan banyak uang. Namun metode laser merupakan metode yang paling efektif untuk penghapusan bekas luka secara permanen. Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter masing-masing tentang pilihan dan perkiraan biaya untuk hasil yang maksimal, karena pengobatan laser bervariasi tergantung pada ukuran dan lokasi bekas luka.

Tags: ,