Cara Mencegah Selulit

Selulit

Selulit adalah salah satu hal yang dikhawatirkan banyak wanita. Selulit merupakan kondisi yang dapat dicegah. Dapat dialami baik oleh pria maupun wanita, meskipun lebih banyak tercipta pada wanita daripada pria.

Selulit biasanya dimulai setelah masa pubertas, dan sebagian besar terlihat di bagian bawah tubuh seperti kaki dan daerah bokong atau pinggang. Selulit adalah lesung/lipitan jaringan lemak di bawah kulit. Hampir setiap perempuan setelah pubertas memiliki beberapa bentuk selulit, bahkan jika belum dapat terlihat jelas.

Selulit disebabkan oleh sel-sel lemak dan jaringan ikat di kaki dan pantat. Jaringan ikat perempuan tidak fleksibel, sehingga ketika mengembang karena pertambahan berat badan yang dapat membuat sel-sel lemak yang lebih besar muncul melalui kulit. Hal ini menciptakan penampilan berlesung pipit kita kenal sebagai selulit. Pengaruh genetika dan hormon juga bisa menjadi faktor penyebab selulit.

Cegah selulit dengan langkah-langkah sederhana berikut:

  1. Ubah pola makan/diet Anda. Anda harus makan makanan yang sehat. Konsumsi berbagai makanan yang baik, terutama sayuran dan buah-buahan. Hindari makanan yang mengandung terlalu banyak garam, karbohidrat, dan makanan berlemak. Pastikan Anda mendapatkan asupan harian serat dan protein yang cukup. Tanyakan pada ahli gizi jika Anda ingin mengetahui porsi dan kadar makanan yang tepat.
  2. Olahraga Berolahragalah secara teratur untuk mencegah selulit. Campuran latihan kekuatan fisik atau olahraga fisik dan latihan untuk kesehatan jantung atau sirkulasi darah sangatlah baik.
  3. Berhenti Merokok Merokok telah terbukti menyebabkan selulit, di antara banyak penyakit mengerikan dan mematikan lainnya dan kanker. Hindari mengkonsumsi kopi, alkohol, dan racun lain yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu untuk membentuk selulit.
  4. Rilekskan Diri Gunakan meditasi, bernapas dalam-dalam, yoga, atau bentuk lain dari relaksasi yang akan membantu Anda merasa santai setiap hari. Melakukan kegiatan ini dapat membuat tubuh rileks bahkan pada hari-hari ketika Anda melewatkan aktivitas ini. Melakukan pijat dari seorang profesional juga dapat membantu.
  5. Hidup Sehat Lakukan yang terbaik dengan menjalani pola hidup sehat termasuk pola makan, olahraga dan istirahat teratur sehingga membantu Anda untuk mencegah selulit.

Tags: , , , ,