Cara Memilih Pemutih Wajah yang Aman

Memutihkan kulit wajah selalu menjadi impian para wanita maka tak heran kalangan tersebut lebih sering berbelanja kosmetik dari pada berbelanja kebutuhan primernya. Memiliki wajah yang cantik dan putih saja tidak akan cukup dengan perawatan seperti sabun, masker dikarenakan kulit juga membutuhkan suatu vitamin yang digunakan untuk merangsang melanin agar tidak memproduksi secara berlebihan.

So.. bagaimana cara memutihkan wajah tapi tidak terkena resiko resiko yang membuat kulit wajah tambah rusak? Yups. Sebenarnya sangat mudah sekali memilih produk produk yang aman, salah satunya adalah dengan membaca registrasi BPOMnya. Bila ada Nomer REG POMnya dijamin 100% aman dan tidak perlu lagi baca baca kandungannya.

Bagi yang tidak tahu, apa itu BPOM atau POM ? singkat cerita adalah label yang digunakan bahwa produk ini layak beredar di indonesia dan kandungannya dijamin aman karena sudah melalui pemeriksaan. Kalau belum jelas silahkan cari refrensi lain ya..

Bagaimana Kerja Krim Dalam Memutihkan Wajah?

Rata rata seorang banyak yang bertanya tanya “mengapa dulu sewaktu kecil kulit saya putih dan sekarang menjadi gelap?”. Jawaban sederhana adalah karena melanin yang diproduksi dalam kulit sangat tinggi. Melanin sangat berhubungan dengan pigmen kulit, baik itu di wajah hingga ujung kaki, semakin rendah melanin yang di produksi rendah maka semakin pula kulitnya cerah.

Produksi melanin atau melanosit memang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti usia, sering terpapar sinar matahari dll. Untuk mengantisipasi tersebut salah satunya adalah dengan cara merangsang kulit dari luar dengan menggunakan krim, agar bintik bintik hitam, bekas luka, dll bisa memudar dengan sendirinya.

 

Bahaya Salah Memilih Krim Pemutih Wajah?

Saat ini banyak sekali kosmetik yang beredar di pasar, jika anda cukup jeli maka sangat menguntungkan bagi wajah anda, namun sebaliknya salah memilih krim wajah juga pengaruh buruk. Produk abal abal memang sangat tidak mudah dikenali bahkan sekarang ada juga produk yang menggunakan kata kata aman padahal di dalamnya mengandung merkuri. Berikut ini ada dampak kesehatan kulit wajah bila salah memilih produk :

1. Kulit Terbakar

Hydroquinone merupakan kandungan yang sering di pakai di kosmetik medis alias sesuai resep dokter. hydroquinone memang dalam medis berguna untuk menghambat melanin sekaligus dapat menghilangkan flek flek hitam sekitar mata, wajah dan pipi namun obat kandungan seperti ini sering disalahgunakan sehingga efek samping seperti kulitnya terbakar, kesemutan, wajah memerah, kering dan iritasi sering ditemui. Nah bagaimana? Pasti wajah anda tidak ingin rusak permanen bukan?

2. Merkuri

Sebenarnya merkuri sebelum tahun 2010 merkuri juga banyak digunakan namun setelah tahun 2010 pihak POM mengeluarkan peraturan yang melarang penggunaan kosmetik mengandung merkuri. Memang sih dalam manfaat merkuri dapat menghambat pigmen melanin hingga 80% namun resikonya juga tinggi.

Kenali 4 Bahan Untuk Memilih Kosmetik Pemutih Wajah Yang Aman

Nah kali ini yang saya akan share adalah pembahasan mengenai produk produk yang belum BPOM. Mengapa banyak produk yang belum BPOM? Sebenarnya ada dua alasan logis, yang pertama adalah produknya belum di daftarkan dan yang kedua adalah produknya mengandung bahan bahan berbahaya.

Bagi sista yang kebingungan mengenai banyaknya produk produk kosmetik, wajib diwaspadai ya dikarenakan ada beberapa resiko yang dapat menjadikan kulit menjadi rusak seperti memicu kulit kanker, kerusakan pigmen dll. Nah ada 4 bahan yang aman dalam kosmetik yang manfaatnya dapat memutihkan wajah yang gelap, menghilangkan flek, dan noda hitam lainnya

1. Arbutin

Arbutin atau alpha arbutin adalah bahan senyawa aktif yang berasal dari tanaman seperti bearberry, bluberi, pohon pir dan masih banyak lagi. Arbutin adalah salah satu alternatif kandungan aman yang biasa di pakai kosmetik kosmetik branding dan terkenal, karena kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mencerahkan sekaligus memutihkan kulit secara alami tanpa takut efek samping. Bagi sista yang bingung mengenai kandungannya, coba lihatkan ingredients/komposisi di balik kemasan produk contoh seperti dibawah ini

2. Asam Kojic

Asam kojic merupakan bahan kandungan yang terkenal sejak 1990 an dari jepang. Bahan tersebut diperoleh dari ekstrak jamur yang menghasilkan kristal kecil yang sangat bermanfaat untuk menghambat pembentukan pigmen hitam. Asam kojic juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mempertahankan keawetan sebuah kosmetik secara alami.

Nah bagi wanita yang sering gelap usai panas panasan bisa menggunakan krim yang mengandung asam kojic karena kandungan inilah yang cocok untuk mencegah terjadinya kulit gelap permanen, bercak becak, bintik bintik hitam, lingkar mata panda dan masih banyak lagi. Asam kojic juga sangat cocok untuk seorang polwan yang selalu bekerja di luar ruangan. Lantas bagaimana bila digunakan untuk wajah terus menerus? Tentu aman kok, bahan seperti ini juga sangat direkomendasikan oleh pihak POM karena dijamin aman untuk pemakaian jangka panjang.

3. Licorice (Akar Manis) Licorice merupakan tanaman herbal seperti nomor 2, berasal dari tanaman herbal yang 100% alami. Di indonesia biasa dikenal sebagai akar manis yang bentuknya memang seperti akar bermanfaat sebagai membuat kulit cerah. Licorice selain mencerahkan kulit juga digunakan sebagai bahan anti oksidan, menghilangkan bintik hitam, membantu mengoobati kulit yang mengelupas inflamasi, anti karsinogenik sehingga bahan seperti ini juga dapat meredakan iritasi akibat penggunaan kosmetik yang sedikit keras kandungannya.

 

4. Kolagen

Kalau yang nomor 4 pasti sudah tahu bukan? kandungan koalgen sudah marak digunakan kosmetik terjangkau dan mahal, memang komposisi ini sudah branding di pasaran, bahkan minuman pun ada yang menggunakan kolagen. Apa sih kolagen itu? kolagen merupakan kandungan yang di dapat dari makanan dan minuman yang berguna untuk memutihkan kulit apapun baik itu wajah, kaki , badan dll.

Kolagen juga marak digunakan oleh salon salon besar untuk SPA konsumennya, nah tertarik mencobanya bukan. Jangan lupa coba lihat komposisinya ya..

 

Nah itulah keempat bahan yang dapat dipertimbangkan dalam memilih produk pemutih wajah yang aman untuk produk NON BPOM. Semoga bermanfaat ya ...