Cantik Tanpa Panu

Helo para wanita pencinta kecantikan tubuh. Nah mimin bakal share-share artikel yang bermanfaat buat kita semua disebelumnya mimin udah bahas tentang makeup wajah, perawatan rambut, kaki serta wajah dan cara memutihkan wajah, kali ini mimin mau bahas soal masalah kulit. Banyak masalah kulit yang kita temuin, namun artikel ini mau bahas dulu soal masalah kulit yang ditakuti yaitu panu. Penyakit panu ini adalah momok bagi mereka yang suka memperhatikan penampilan, bagaimana tidak ? wujud dari penyakit panu ini sangat mengganggu karena warnanya yang bercak-bercak memberi kesan warna kulit tidak merata. Penyebab dari timbulnya panu adalah jamur pityrosporum ovale dan tidak pandang bulu penyakit ini dapat menyerang dari kaum yang masih anak kecil maupun dengan orang yang sudah terbilang cukup tua. Penyakit ini tidak berbahaya namun hanya menimbulkan rasa gatal terlebih jika sedang berkeringat. Warna penyakit panu ada tiga bercak putih, coklat dan merah. Penyakit ini biasanya menyerang pada bagian kulit kepala, lipatan lengan, leher, wajah, tangan dan punggung. Nah mimin mau berbagi cara-cara untuk menghilangkan penyakit panu dengan bahan-bahan alami, namun kita pelajari dulu yuk cara mencegahnya :)

Cantik Tanpa Panu

Cara Mencegah Panu :
  1. Diwajibkan untuk mandi secara teratur, 3 atau minimal 2 hari dalam sehari.
  2. Menjaga kebersihan pakaian itu penting karena bersih merupakan salah satu syarat menjadikan tubuh sehat.
  3. Menggunakan pakaian yang berbahan dapat menyerap keringat seperti kain kaos, dsb.
  4. Untuk handuk gunakan yang bersih pula karena handuk sering kita gunakan untuk mengeringkan tubuh sehabis mandi. Jemurlah handuk yang sudah dikenakan supaya kuman tidak menempel karena handuk basah.

Cara Mengobati Panu :

  1. Lengkuas merupakan salah satu kekayaan alam yang berjenis rempah-rempah dan biasanya hanya kita aplikasikan untuk bumbu suatu masakan. Ternyata lengkuas dapat mengobati panu. Caranya cukup mudah hanya siapkan beberapa lengkuas lalu kupas dan cuci hingga bersih, kemudian tumbuk atau parut hingga halus dan campurkan dengan minyak tanah. Langkah terakhir cukup oleskan racikan tadi 2 kali sehari pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur, untuk mengoleskanya usahakan kulit dalam kondisi kering dan tidak berkeringat.
  2. Bawang putih selain dapat menumbuhkan rambut juga berfungsi untuk mengobati panu. Caranya oleskan potongan bawang putih satu siung dibagi menjadi dua lalu oleskan kebagian kulit yang terkena panu, bagian lendir dari bawang putihlah yang berfungsi mengobati panu. Lakukanlah hal ini secara rutin sama seperti penggunaan lengkuas.
  3. Daun pare dipercaya dapat digunakan untuk mengobati panu dengan cara menumbuk halus daun pare dan menyampurkanya dengan kapur sirih lalu dioleskan kebagian kulit yang terkena panu. 
  4. Jeruk nipis adalah buah yang enak untuk minuman kesehatan dan mampu juga untuk mengobati panu. Caranya satu buah jeruk nipis belah menjadi dua lalu tempelkan jeruk nipis ke belerang yang sudah dihaluskan kemudian oleskan kebagian kulit yang terkena panu. Lakukanlah hal ini secara rutin sampai panu hilang.

Udah cukup jelas belum caranya mencegah dan mengobati panu ? cukup mudah bukan. Buat tampil cantik itu mudah kok tergantung dari kitanya aja bisa merawat dan menjaga untuk cantik. Memang cara alami lebih lama ketimbang dengan produk tapi apa salahnya kita mencoba dengan cara alami.