Bagaimana Menyesuaikan Bentuk Alis Dengan Bentuk Wajah Anda?

Sebagai perempuan, seringkali kita memiliki masalah dalam menentukan bentuk alis yang tepat pada saat mengaplikasikan makeup. Kelihatannya sih sepele ya, tapi jangan salah! Makeup yang sudah sempurna bisa jadi berkurang keindahannya ketika kita kurang tepat dalam membentuk alis.

Ada yang terlihat terlalu tebal, ada yang terlalu mendatar atau menurun hingga wajah terkesan sedih, ada yang terlalu menukik hingga tampak terlalu galak, ada juga yang terlalu kaku sehingga alis seakan terkesan ‘tercoret’ spidol.  Hmmm... tau nggak sih kalau hal-hal yang tidak diharapkan itu sebenarnya terjadi karena apa, ladies? Mengapa kesan keseluruhan dari makeup yang sudah bagus bisa berkurang karena bentuk alis anda? Sebabnya adalah karena bentuk alis yang anda aplikasikan tidak sesuai dengan bentuk wajah anda!

Nah, sebenarnya bagaimana sih teknik pengaplikasian pensil alis yang tepat sesuai dengan bentuk wajah anda? Yuk kita simak tips dan trik berikut ini!

  1. Bentuk Alis Mendatar Untuk Wajah Bulat? A BIG NO!

Wajah bulat identik dengan karakter wajah yang tidak memiliki sudut dengan kesan kanak-kanak yang cute. Seringkali pemilik wajah bulat terlihat lebih muda dari usianya. Hal ini sebenarnya merupakan berkah yang patut disyukuri, karena, siapa sih yang tidak suka tampak awet muda? Hehehe...

Namun, di beberapa kesempatan ada kalanya pemilik wajah bulat harus nampak elegan dan dewasa, misalnya di kesempatan formal seperti ke kantor, bertemu klien, di atas panggung, atau saat menghadiri pesta.

Shading sudah sempurna, warna makeup sudah pas, maka jangan sampai anda mengacaukannya dengan teknik pengaplikasian alis yang kurang tepat ya ladies.

Untuk pemilik wajah bulat, bentuk alis paling pas adalah tergambar naik dengan sudut yang lembut di puncak alis. Jika alis asli anda berbentuk mendatar, maka anda dapat menyiasatinya dengan sedikit mencabut bagian bawah alis hingga menipis di bagian belakang atau ekor alis. Tarik garis lembut dengan teknik mengarsir dari bagian pangkal hidung bagian dalam dekat mata mengarah vertikal hingga batas tulang alis, kemudian bentuk sudut  di puncak alis. Tantangan untuk pengaplikasian bagian sudut adalah bagaimana tetap bisa membentuk sudut tegas tapi tetap alami. Caranya adalah dengan mengarsir, bukan menggambar. Untuk bagian ekor alis, arsir menurun hingga 3mm lebih tinggi dari bagian pangkal alis agar menghadirkan kesan wajah yang lebih naik dan tirus.

Bentuk alis ini juga sesuai untuk pemilik wajah kotak dan segitiga, dengan sedikit melembutkan arsiran di bagian puncak alis untuk menyeimbangkan sudut-sudut wajah pemilik square face yang cenderung kaku dan tegas.

  1. Alis Melengkung Untuk Si Wajah Hati dan Berlian

Wajah hati dan berlian dengan ciri dahi yang relatif sempit, tulang pipi naik, tulang rahang yang sempit dan dagu yang lancip memang terkesan cantik dan anggun. Banyak artis-artis dan selebritis kenamaan juga top model memiliki tipikal wajah yang anggun ini.

Sayangnya, kadang bentuk wajah ini identik dengan kesan galak dan judes.

Tapi, jangan khawatir bagi anda pemilik wajah hati dan berlian. Anda bisa kok bebas dari tuduhan judes ini melalui pengaplikasian bentuk alis yang pas!

Caranya adalah dengan  membentuk alis anda dengan model melengkung tanpa sudut.

Tarik garis dengan teknik mengarsir dimulai dari pangkal alis bagian luar, jangan dari bagian dalam yang berbatasan dengan pangkal hidung dan mata, sebab teknik ini akan memberikan kesan sorot mata yang mendalam dan akan semakin menegaskan kesan judes anda.

Arsir alis anda hingga membentuk lengkung yang halus berakhir di ekor alis dengan ketinggian yang sedikit saja lebih tinggi dari pangkal alis agar tampak natural.

Teknik pengaplikasian ini juga pas untuk pemilik wajah oval yang cenderung cocok untuk segala jenis bentuk alis. Hanya saja bagi pemilik wajah oval, di bagian puncak alis, arsiran bisa dibuat lebih menyudut lembut agar nampak lebih berkarakter.

  1. Untuk Wajah Oblong atau Rectangular, Bagusnya Gimana Ya?

Wajah Oblong dan Rectangular adalah bentuk wajah yang disebut secara umum sebagai Si Wajah Panjang. Sebut saja artis luar negeri seperti Sarah Jessica Parker, atau dari dalam negeri seperti Cathy Sharon atau Sophia Latjuba yang memiliki bentuk wajah ini. Ciri yang mudah diketahui dari pemilik wajah ini adalah perbandingan panjang wajah dari dahi ke dagu dua kali dari lebar jarak kedua tulang pipi. Perbedaan wajah oblong dan rectangular itu sendiri adalah pada sudut tulang rahang. Meskipun sama-sama berwajah panjang, wajah oblong memiliki karakter rahang yang lembut, sedangkan rectangular memili karakter rahang yang lebih kuat dan tegas seperti wajah kotak.

Nah tantangan bagi pemilik wajah ini dalam membentuk alis adalah untuk membuat kesan panjang menjadi sedikit lebih seimbang. Caranya bagaimana?

Bentuk alis mendatar dengan volume atau lebar alis yang agak tebal agar panjang wajah bisa nampak lebih seimbang dan proporsional. Sama seperti sebelumnya, secara umum untuk menghasilkan guratan alis yang sempurna adalah dengan teknik mengarsir, bukan menggaris.

Untuk pemilik wajah Oblong, alias wajah panjang yang tidak bersudut, bentuk alis mendatar dengan sedikit saja sudut samar di puncak alis dekat ekor agar wajah terkesan lebih bersudut. Sedangkan untuk pemilik wajah rectangular, bentuk alis mendatar dan lembut bervolume tanpa sudut agar proporsi wajah lebih halus dan seimbang.

Nah gimana ladies? Mudah kan menyiasati bentuk alis agar tampilan anda lebih sempurna?

Jangan putus asa jika pada percobaan pertama hasilnya mungkin belum sesempurna yang diharapkan ya. Karena mengenali karakter wajah memang butuh waktu. Latihan yang terus menerus akan membantu anda dalam menemukan bentuk alis paling pas bagi wajah anda.

Selamat mencoba!


Tags: , , , , , , , ,