Atasi Perubahan Bentuk Tubuh Pada Wanita Pasca Melahir

mom after pregnant
Menjadi ibu adalah pengorbanan yang besar, tidak hanya soal bertarung dengan maut saat melahirkan, namun juga perubahan tubuh yang harus dialami setelah 9 bulan mengandung dan mengalami proses melahirkan. Setelah melahirkan tubuh wanita cenderung menjadi lebih gemuk karena otot yang melemah dan kenaikan berat badan akibat makanan yang harus dijaga untuk mencukupi kebutuhan janin. Tapi bukan hanya itu lho, ada sembilan perubahan utama yang terjadi pada tubuh wanita setelah dia melahirkan.
1. Rambut rontok
Beberapa minggu setelah melahirkan, beberapa wanita mengalami kerontokan rambut yang cukup parah. Sebenarnya hal ini normal dan rambut akan kembali tumbuh menurut siklus normalnya. Namun jika Anda tidak cukup nutrisi dan tidak merawat rambut dengan baik, kondisi ini akan permanen meninggalkan kebotakan.
2. Kulit jadi bermasalah
Saat hamil, biasa muncul lingkar hitam di bawah mata, jerawat yang parah dan juga kulit kemerahan pada daerah wajah, terutama pipi. Keadaan ini bisa kembali beberapa minggu setelah melahirkan.
3. Payudara membesar
Penuh terisi air susu, payudara Anda akan membesar dan terasa sakit. Ketika sudah tidak menyusui lagi, payudara akan kendor sebagai akibat otot payudara yang sebelumnya membesar.
4. Perut yang tidak langsing lagi
Uterus yang membesar karena hamil tidak langsung menyusut begitu Anda melahirkan. Butuh waktu sekitar enam minggu dan lebih lama lagi agar uterus menyusut. Namun stretch marksdan otot yang longgar tidak begitu saja menyusut, Anda butuh olahraga dan fitness agar bentuk badan kembali seperti semula.
5. Kaki bengkak
Kaki akan membengkak saat hamil, membuat Anda tidak bisa mengenakan sepatu cantik kesukaan. Beberapa wanita justru mengalaminya sesaat setelah melahirkan, namun jangan khawatir, kaki bengkak ini akan hilang dengan sendirinya.