Apa yang Dimaksud dengan Hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi Kulit

Hiperpigmentasi adalah suatu kondisi kulit dimana pada area kulit tertentu menjadi lebih gelap dibandingkan warna kulit alami di sekitarnya, yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih. Warna gelap dapat berupa flek hitam maupun bintik gelap di kulit, dapat muncul pada kaki, tangan, bagian lain tubuh, namun yang paling umum muncul adalah pada wajah. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan dan kerusakan kulit akibat jaringan parut yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Melanin bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen warna dalam tubuh di tempat-tempat seperti mata, kulit, dan rambut. Sinar UV merangsang aktivitas melanosit, dan dimana konsentrasi dari sel-sel lebih padat dari daerah sekitarnya.

Baca Juga : 5 CREAM PEMUTIH WAJAH BEST SELLER 2015

Meskipun hiperpigmentasi dapat terjadi pada semua jenis kulit, namun orang yang secara alami memiliki warna kulit lebih gelap seperti penduduk Afrika, Amerika dan India/Asia Selatan lebih berpotensi menderita hiperpigmentasi karena mereka sudah memiliki jumlah melanin yang lebih banyak di kulit mereka. Hiperpigmentasi juga berhubungan dengan beberapa penyakit termasuk penyakit celiac, melasma (kloasma-sering ditemukan pada wanita hamil), infeksi jamur tinea seperti kurap, dan penyakit Cushing, dll.


Tags: ,