Apa Manfaat Mengkonsumsi Buah Segar dan Sayuran?

Buah Segar

Diet yang kaya buah-buahan dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam beberapa hal. Buah-buahan dan sayuran umumnya mudah untuk dikonsumsi sebagai makanan ringan atau sebagai tambahan dalam hidangan  makanan Anda ataupun dikonsumsi berbentuk salad. Diet menggunakan buah-buahan dan sayuran mempunyai efek positif yang lebih mudah dan lebih sederhana dibandingkan dengan diet rumit dan sulit untuk diikuti. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, para wanita di usia 30 tahun rata-rata membutuhkan 1,5 cangkir buah dan 2,5 cangkir sayuran per hari.

Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran secara rutin:

  1. Kaya akan Vitamin

    Buah-buahan dan sayuran  kaya akan vitamin esensial yang membantu menjaga tubuh agar tetap sehat. Misalnya, potasium ditemukan dalam ubi jalar, jus wortel, sayuran hijau yang dimasak dan bit membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat. Demikian pula, strawberi, jeruk, melon dan brokoli kaya akan kandungan vitamin C, yang membantu melawan penyakit, mempercepat penyembuhkan luka dan menjaga kesehatan gigi. Bayam dan asparagus keduanya kaya akan  folat yang mengurangi kemungkinan cacat saraf tulang belakang pada janin ibu hamil yang sedang berkembang.
  2. Kandungan Serat

    Buah dan sayuran berserat tinggi. Contohnya,  buah apel mengandung 12% serat dan buah pir mengandung 18% dari kebutuhan harian seseorang akan serat yang direkomendasikan ahli gizi. Diet yang kaya akan serat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah sembelit.
  3. Sebagai Pengendali Berat Badan

    Karena buah-buahan dan sayuran seringkali kaya akan serat, maka akibatnya secara tidak langsung adalah untuk menurunkan berat badan. Makanan tinggi serat membantu seseorang merasa lebih kenyang daripada makanan tanpa serat atau makanan dengan kadar gula tinggi. Karena itu, jika buah-buahan dan sayuran dijadikan menu utama saat makan atau sebagai camilan/makanan ringan, maka akan menjadi lebih mudah untuk menghindari dorongan mengkonsumsi makanan ringan yang kurang diinginkan/tidak menyehatkan dan mengurangi rasa cepat lapar.
  4. Sumber Energi

    Karena buah dan sayuran tidak mengandung gula buatan dan mengandung mineral dan nutrisi lainnya serta vitamin, maka bermanfaat dalam membantu mempertahankan tingkat energi. Makanan/minuman dengan kadar gula tinggi, kafein atau "minuman berenergi" sering mengakibatkan keletihan setelah mengkonsumsinya karena makanan/minuman tersebut meningkatkan kadar gula dengan cepat dan membakarnya dengan cepat pula. Sedangkan buah-buahan segar dan sayuran memberikan tingkat energi yang lebih tahan lama dan tidak memiliki efek samping.
  5. Pencegahan Penyakit

    Diet buah dan sayuran membantu dalam pencegahan sejumlah penyakit. Di antaranya adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kanker dan osteoporosis.
  6. Menyehatkan gigi

    Mengkonsumsi sayuran mentah seperti wortel, seledri atau buah-buahan renyah seperti apel dapat membantu membersihkan gigi dari plak dan melatih gusi. Hal ini mengakibatkan kesehatan gigi yang lebih baik dan mencegah penyakit gusi.

Tags: , , , , , , , , , ,