Aneka Bahan dan Tips Pengembali Kilau Rambut Sehat

Perawatan Rambut Berkilau

Rambut bercahaya dan berkilau adalah tanda kecantikan dan kesehatan. Ada banyak faktor yang dapat membuat rambut terlihat kusam dan tak bernyawa. Kekeringan, penumpukan dari produk penataan rambut, sinar matahari, cuaca dingin dan pewarnaan rambut dapat menghilangkan kilau rambut.

Rambut menjadi mengkilap ketika kutikula rambut terletak datar. Kondisioner, paket perawatan rambut mengandung protein dan perawatan mahal lainnya dapat dibeli di salon lokal Anda, tetapi ada juga beberapa hal yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah untuk mengembalikan kilau rambut Anda. Bila menggunakan pengobatan rumah, ingat untuk bersabar karena mungkin diperlukan waktu satu sampai dua minggu untuk melihat hasilnya.

Bahan-bahan dan cara yang perlu dilakukan untuk mengembalikan kilau alami rambut adalah:

  1. Air dingin Salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kilau rambut adalah dengan menggunakan air dingin setiap kali Anda keramas. Air dingin akan menutup dan menghaluskan kutikula rambut sehingga kutikula batang rambut menutup rata/tidak mencuat. Jika kutikula berada pada posisi datar, maka akan mampu memantulkan cahaya dan memberikan penampilan rambut yang lebih bercahaya.
  2. Cuka Menggunakan asam untuk mencuci rambut seperti cuka pada rambut Anda dapat membantu membuatnya tampak lebih bersinar karena asam akan merapatkan lapisan luar kutikula, yang memudahkan cahaya untuk terefleksi. Cuka, khususnya cuka sari apel, juga membantu mengembalikan pH yang tepat untuk rambut dan menghilangkan residu dari produk shampo dan styling. Campurkan satu bagian air dan satu setengah bagian cuka sari apel dan bilas rambut Anda dengan campuran setelah keramas. Untuk pembersihan lebih intens, tambahkan jus dari setengah bagian buah lemon ke dalam campuran. Lemon dapat mencerahkan warna rambut Anda, jadi jangan menggunakannya jika efek lemon ini tidak sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Jus/Perasan Lemon Salah satu penyebab rambut terlihat kusam adalah sisa produk kimia rambut yang menumpuk. Untuk mendapatkan rambut mengkilap kembali, lakukan pembilasan menggunakan asam, tepat setelah keramas. Hal ini membantu menghilangkan sisa zat kimia yang tertinggal dan juga mengencangkan kutikula dan membuatnya halus dan mengkilap. Campur jus dari satu buah lemon dengan 1 1/2 gelas air. Tuangkan campuran ke seluruh permukaan rambut. Bilas dengan air dingin.
  4. Mayones Untuk rambut kering, meningkatkan kelembaban adalah cara terbaik untuk membuat rambut tampak lebih bersinar. Mayones adalah kondisioner yang bisa Anda dapatkan dari dapur rumah Anda. Oleskan merata pada batang rambut sama seperti ketika Anda menggunakan kondisioner umumnya dan bungkus rambut dengan topi mandi plastik. Hal ini akan menciptakan panas di sekitar rambut, yang memungkinkan mayones untuk menembus batang rambut lebih mudah. Setelah beberapa menit, bilas lalu beri shampo dan bilas rambut dengan air dingin. Anda bisa memberi variasi dengan mencampur telur dengan minyak zaitun dan oleskan ke rambut. Untuk mendapatkan hasil terbaik, biarkan campuran untuk meresap ke dalam batang rambut Anda selama 30 menit. Setelah itu, beri shampo dan bilas seperti biasa.
  5. Minyak Zaitun Minyak zaitun membantu melembabkan dan meningkatkan elastisitas dan memberi sinar/kilau pada rambut. Minyak zaitun juga merupakan bahan umum yang terdapat di dalam kondisioner komersial yang dijual di toko-toko. Minyak zaitun juga bisa digunakan sendiri secara terpisah di rumah. Salah satu cara untuk meningkatkan kilau rambut dengan bahan ini adalah dengan mengoleskannya pada rambut sebelum keramas. Cara lain adalah dengan mengoleskannya pada rambut dan biarkan selama 20 sampai 30 menit sebelum membilasnya.
  6. Bir Bintang film Jennifer Aniston, yang terkenal dengan model rambut tergerai sehat miliknya, termasuk salah satu artis yang menerapkan metode ini. Bir juga sedikit asam, sehingga membantu menghilangkan penumpukan zat kimia dari rambut yang menyebabkan berkurangnya sinar pada rambut. Sebagai pengobatan, tuangkan sebotol bir di atas rambut Anda hingga ke tiap helainya, kemudian bilas dengan air dingin. Sebagai bagian dari rutinitas pembersihan normal Anda, campurkan tiga sendok makan bir dengan setengah cangkir air hangat dan pijat-pijatkan pada rambut setelah keramas. Biarkan meresap selama beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin.
  7. Minyak kelapa Rambut kering juga dapat dijadikan lebih bersinar dengan penggunaan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki sifat melembabkan, sama seperti minyak zaitun. Lemak sehat dalam bantuan minyak kelapa melembabkan rambut dan menghaluskan kutikula, yang mengarah ke peningkatan kilau pada rambut. Minyak kelapa merupakan bahan yang biasa terdapat dalam beberapa produk rambut komersial. Minyak kelapa berbentuk kental, tuang beberapa sendok ke telapak tangan dan oleskan ke rambut Anda dari akar hingga ujung rambut. Kenakan topi mandi atau bungkus dengan handuk hangat di kepala untuk membantu memudahkan minyak menembus batang rambut dan biarkan selama 30 menit.

Nah, mana yang menjadi pilihan Anda?


Tags: , , , , ,