9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut merupakan mahkota dari suatu tubuh yang memberikan kesan indah. Tak heran jika kita banyak menggunakan berbagai produk perawatan untuk menghasilkan apa yang kita inginkan seperti rambut yang indh terbebas dari masalah seperti ketombe, rambut rontok dan bercabang. Siapa nih yang mau punya masalah pada rambutnya ? apalagi rambut ada kutunya nggak banget kan itu hemmm, tapi mimin mau bahas dulu nih soal masalah rambut bercabang. Rambut bercabang biasa muncul dibagian ujung rambut, dan rambut terbelah menjadi dua dengan warna merah. Hal ini tidak boleh dibiarkan karena akan semakin merusak rambut kita yang akan membuat rambut menjadi rontok dan menimbulkan kebotakan. Udah tau belum apa penyebab rambut kita bisa bercabang ? simak dulu yuk penyebab rambut bisa bercabang

Penyebab Rambut Bercabang :

  • Kekurangan Nutrisi: Tubuh kita sangat membutuhkan nutrisi seperti dengan membiasakan pola hidup makan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari kacang-kacangan, buah-buahan, telur, sayur dan susu. Makanan tersebut bermanfaat untuk menutrisi rambut, jika salah tidak terpenuhi maka mampu memicu rusaknya rambut menjadi bercabang.
  • Menggunakan Catok : Alat catok mampu merapikan dan meluruskan rambut yang keriting atau bergelombang. Alat ini kurang baik jika terlalu sering digunakan karena dapat menghambat pertumbuhan rambut dan mengakibatkan rambut bercabang.
  • Bergonta-ganti Warna Rambut : Berbagai produk pewarna rambut umumnya memiliki kandungan bahan kimia yang dapat merusak rambut jika kita sering mengganti warna rambut dan hal inilah yang mampu membuat rambut menjadi bercabang.
  • Cuaca : Sinar matahari biasanya sangat ditakuti bagi mereka yang memperhatikan warna kulitnya namun tenyata sinar matahari juga bisa menjadi pemicu rusaknya rambut dan menyebabkan rambut bercabang.
  • Air Laut : Air laut mengandung garam yang sangat tinggi hal ini dapat menyebabkan rambut bercabang bagi yang suka berendam dilaut dengan jangka waktu yang lama.
  • Usia Rambut : Waw pasti kaget nih rambut juga punya usia. Usia rambut bisa dilihat dari semakin panjangnya rambut maka semakin tua umurnya, jika kita memiliki rambut yang panjang tidak dirawat dengan benar maka dapat menyebabkan rambut bercabang.

Mengatasi Rambut Bercabang :

  1. Minyak Zaitun : Minyak ini sangat bermanfaat dapat kita gunakan untuk bagian tubuh mulai dari ujung kaki sampai kepala. Nah minyak zaitun juga dapat dipercaya sebagai obat untuk mengatasi rambut bercabang, caranya cukum mudah dengan menggunakan minyak zaitun sebagai masker dan mengoleskanya kebagian seluruh rambut dan diamkan selama 5 menit sebelum membilas dengan shampo.
  2. Alpukat : Diartikel sebelumnya juga sudah dibahas tentang masker alpukat yang berguna untuk rambut. Cukup dengan membuat masker dari buah alpukat yang dihaluskan dan campur dengan setengah sendok teh minyak zaitun. Sebelum menggunakan kedua campuran bahan tersebut basahi dahulu rambut, setelah itu oleskan masker dan diamkan 30 menit sebelum membilasnya
  3. Air Hangat : Hindarilah mandi atau membilas rambut dengan air hangat karena dapat membuat kerusakan kelembaban rambut karena minyak alami yang terdapat pada rambut menghilang dan hal ini dapat memicu penyebab rambut menjadi bercabang.
  4. Rambut Kering Dengan Sendirinya : Bagi kita yang terburu-buru sering mengeringkan rambut maenggunakan haydryer supaya cepat kering namun hal ini tidak baik karena dapat menghambat pertumbuhan rambut dan dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada rambut menghilang sehingga rambut menjadi bercabang.
  5. Sisir Rambut : Gunakanlah sisir yang bergigi jarang karena hal ini dapat membantu penyebaran minyak alami secara merata, namun jangan terlalu kasar jika menyisir karena akan menimbulkan rambut rontok.
  6. Conditioner : Rajin mencuci rambut menggunakan shampo dapat membuat rambut menjadi sehat disamping itu untuk mengatasi rambut bercabang aplikasikan conditioner setelah kramas agar rambut menjadi halus namun gunakanlah pada ujung rambut saja agar tidak merusak rambut atau bercabang. Usahakanlah memilih produk shampo dan conditioner yang sesuai dengan rambut kita.
  7. Shampo : Shampo yang tidak sesuai dapat merusak rambut yang mengakibatkan rambut bercabang oleh karena itu sangat perlu kita memilih shampo yang sesuai dengan rambut kita.
  8. Cuka Apel : Di artikel sebelumnya juga sudah dibahas tentang buah apel dan khasiatnya dan ternyata buah apel juga dapat mengatasi rambut bercabang namun hanya menggunakan cuka apelnya saja. Caranya dengan mencampur satu cangkir cuka apel dengan minyak gandum dan sedikit air lalu mengoleskanya keseluruh rambut setelah keramas dimana rambut masih dalam keadaan basah lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air tanpa menggunakan shampo.
  9. Mayones : Pasti heran bukan dengan bahan satu ini ternyata dapat mengatasi rambut bercabang dan dapat melembutkan rambut. Caranya cukup mudah dengan mengoleskan mayones keseluruh bagian rambut setelah rambut sudah dikramas dan rambut dalam keadaan kering lalu bungkus dengan showercap selama kurang lebih 25 menit lalu bilas dengan shampo herbal atau shampo bayi.

Cukup mudah bukan cara untuk mengatasi rambut bercabang dan cara agar mencegah dengan mengetahui penyebabnya.