5 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Cengkeh atau cengkih (Syzygium aromaticum) adalah tanaman asli Indonesia serta mempunyai bermacam-macam fungsi, bukan hanya untuk penyedap rasa makanan namun cengkeh begitu populer digunakan sebagai penyembuh beragam jenis penyakit. Di negara kawasan Eropa sendiri, cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan serba pedas, namun di negara Indonesia tidak hanya populer untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis, cengkeh juga digunakan untuk bahan utama rokok khas Indonesia.

5 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat cengkeh untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti, menyembuhkan sakit gigi, infeksi saluran pernafasan, mengatasi jerawat, perbesih kuman, serta cengkeh bisa dijadikan pewangi. Untuk lebih ditailnya mari kita simak bersama. Berikut ini beberapa fungsi cengkeh untuk kesehatan, antara lain :

  1. Menangani Infeksi Pernafasan, Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran. yakni dapat mengencerkan lendir yang terdapat pada kerongkongan serta tenggorokan. Teh yang memiliki kandungan cengkeh dapat menolong penanganan infeksi saluran pernapasan.
  2. Menyembuhkan sakit gigi, Bagian cengkeh yang dapat digunakan sebagai penyembuhkan sakit gigi yakni bunga cengkih. Langkah pemanfaatannya yaitu, sangrai 5 sampai 10 butir bunga cengkih kemudian ditumbuk hingga halus. Lalu taburkan bubuk cengkeh dibagian gigi yang sakit.
  3. Menangani noda jerawat, Cengkeh dapat digunakan untuk menghindari munculnya jerawat serta menyingkirkan noda bekas jerawat membandel.
  4. Pembersih Kuman alternatif, Minyak cengkeh dapat mengurangi bakteri dan jamur yang terdapat pada perlengkapan rumah tangga serta menghindar kuman datang lagi. Langkahnya yaitu dengan mencampurkan setengah sendok minyak cengkeh menggunakan dua gelas air kemudian semprotkan ke tempat-tempat yang rawan terkena bakteri atau kuman, misalnya dinding kamar mandi Anda.
  5. Pewangi alami baju, Aroma cengkeh yang pedas dengan alami akan menutupi bau tidak enak, selain dapat melindungi kesegaran beberapa barang Anda. Satu diantaranya ialah sebagai pewangi dan penyegar pada baju Anda. Caranya taruh sebagian batang cengkeh ke dalam almari baju Anda ganti setiap 2 sampai 4 minggu sekali, agar aroma fresh tetap terjaga.

Selamat mencoba cara-cara di atas ya. :)


Tags: ,