5 Cara Jitu Menghilangkan Bau Badan

5-Cara-Usir-Hiperhidrosis-Bau-Badan

Bau badan terjadi karena adanya pencampuran antara bakteri dan keringat.Bau badan seringkali menjadi pokok permasalahan mengapa orang tidak percaya diri atau minder. Bau badan yang tidak sedap memang sangat mengganggu. Terkadang bau itu bisa membuat seseorang kehilangan konsentrasi, menjadi pusing, mual-mual, dan lain-lain. Karena beberapa hal itulah seseorang yang mempunyai bau badan tak sedap seringkali dihindari dan dijauhi. Dengan begitu seseorang yang mempunyai bau badan tak sedap akan cenderung menyendiri. Namun ada beberapa cara untuk menghilangkan bau badan secara alami, antara lain :

  1. Mandi dengan sabun secara teratur

    Jarang mandi adalah faktor utama penyebab bau badan. Semakin jarang mandi, akan semakin banyak bakteri dan keringat yang bercampur. Untuk itu jika ingin terhindar dari masalah bau badan, sebaiknya mandilah secara teratur minimal 2 kali dalam 1 hari. Dianjurkan bagi seseorang yang mempunyai bau badan tak sedap untuk mandi dengan menggunakan sabun yang mengandung antiseptik. Mandi merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bau badan.

  2. Mentimun

     Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Mentimun memili kandungan air yang tinggi, selain itu mentimun juga mengandung vitamin A, B, dan C yang sangat baik bagi kesehatan. Disamping untuk hidangan masakan, mentimun yang memiliki nama lain Cucumis sativus ini juga dapat membantu mengurangi bau badan tak sedap. Caranya, potong mentimun secara melintang, kemudian gosok-gosokkan pada bagian badan yang berbau. Lakukan cara ini secara teratur setelah mandi. Jadi, mentimun tidak hanya bisa untuk lalapan, tapi bisa juga untuk menghilangkan bau badan.

  3. Daun kemangi

     Tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita apa itu yang disebut dengan daun kemangi. Daun kemangi ini biasa di temui di masakan-masakan yang berbentuk lalapan. Kemangi ini juga biasa di manfaatkan sebagai teman makan sambal. Selain rasanya yang enak dan banyak digemari segala kalangan, kemangi ini mempunyai manfaat yang sangat baik untuk menghilangkan bau badan. Jika anda ingin terhindar dari masalah bau badan yang tidak sedap, maka sebaiknya konsumsilah kemangi setiap hari pada pagi dan sore.

  4. Jahe

    Jahe merupakan rempah-rempah yang sangat dibutuhkan untuk memasak. Selain digunakan untuk memasak, jahe biasanya juga digunakan sebagai minuman hangat dan pengganti minyak pijat. Disisi lain, jahe juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu manghilangkan bau badan. Untuk terhindar dari masalah bau badan, sebaiknya konsumsilah wedang jahe setiap hari secara teratur. Atau juga bisa dengan cara mengosok-gosokkan parutan jare pada bagian ketiak atau pada bagian badan lainnya untuk terhindar dari masalah bau badan.

 
  1. Daun beluntas

     Daun beluntas terkenal dengan sebutan tanaman pagar. Selain bentuk tumbuhan yang sangat lebat, beluntas ini juga sering tumbuh sebagai semak-semak atau bahkan tanaman liar. Namun, selain fungsinya sebagai tanaman pagar, daun beluntas ini juga dapat mengurangi bau badan tak sedap. Caranya, konsumsilah daun beluntas sebagai lalapan atau dimasak terlebih dahulu.

Selain dengan cara-cara tradisional seperti yang telah disebutkan diatas, menghilangkan bau badan juga dapat dilakukan dengan menggunakan cara yang modern. Contoh cara modern adalah dengan menggunakan deodorant atau parfun setiap setelah mandi. Pilihlah parfum yang tepat sesuai dengan kondisi bau badan anda. Sebaiknya gunakan parfum yang tahan lama.