Perawatan Rambut untuk Rambut Lurus

rambut hitam

Berikut adalah beberapa cara perawatan rambut lurus yang bisa Anda lakukan dengan mudah di rumah:

Pelembab Rambut dari Minyak yang dipanaskan (Hot Oil) Pelembab rambut dari minyak zaitun, jojoba dan minyak kelapa sangat baik untuk melembabkan dan melembutkan rambut. Gelombang dan ikal alami pada rambut akan lemas karena panas dari minyak. Caranya cukup mudah:

  1. Mula-mula hangatkan minyak, bisa menggunakan tempat pemanas minyak aroma terapi hingga minyak cukup hangat dan nyaman saat diusapkan ke rambut.
  2. Usapkan hingga menyeluruh pada batang hingga akar. Jika Anda termasuk jenis rambut berminyak hindari penggunaan pada akar rambut  agar tidak terkesan semakin berminyak.
  3. Bungkus rambut dengan handuk hangat lalu diamkan selama 30 menit. Untuk memperoleh kelembaban yang maksimal duduklah di bawah alat pengering creambath seperti di salon-salon selama 30 menit dengan memakai tutup plastik.
  4. Bilas rambut hingga bersih menggunakan shampo yang bebas sulfat dan kondisioner.

Rambut akan tampak jauh lebih bercahaya, dan lurus saat ditata setelah melakukan perawatan ini. Aneka pelembab kimia dapat merusak rambut. Perawatan minyak panas pada rambut meningkatkan kekuatan rambut dan tidak mempunyai efek samping yang dapat merusak rambut.

Masker Rambut dari Santan Ambil satu cangkir santan dan 1/4 cangkir jus lemon dan campur hingga merata, Anda akan membuat larutan sejuk untuk rambut. Masukkan ke dalam kulkas dan dinginkan campuran ini selama satu jam dan ambil tumpukan krim tebal yang mengumpul pada lapisan atas. Gosokkan campuran santan dan jus lemon ke akar rambut Anda dan tutup dengan handuk panas. Bilas 20 menit kemudian dan sisir rambut sebelum membentuknya. Anda akan melihat bagian keriting pada rambut menjadi berkurang dan rambut lebih mudah dibentuk. Akar rambut juga akan tampak datar dan lurus.

Alat Pengering Rambut Rambut dapat menjadi lurus dengan menggunakan alat pengering rambut Anda di rumah. Nyalakan dan tunggu hingga alat panas lalu blow kering 3-5 cm rambut pada satu tempat sekaligus. Panas pada alat akan berkonsentrasi pada daerah tersebut, mengurangi keriting dan rambut lebih lurus dibandingkan jika Anda mengeringkan seluruh rambut secara bersamaan. Dan juga jika Anda memakai kondisioner saat mencuci rambut, maka rambut akan menjadi lebih lembut.